Featured Video

Senin, 23 Januari 2012

Hantam Bilbao, Madrid Jaga Jarak dengan Barca


FOTO:Reuters/Felix Ordonez
Madrid - Real Madrid berhasil mempertahankan jaraknya dengan Barcelona di papan klasemen Liga Spanyol. Diwarnai dua gol Cristiano Ronaldo, Los Merengues menghajar Athletic Bilbao dengan skor 4-1.

Dalam pertandingan di Santiago Bernabeu, Senin (23/1/2012) dinihari WIB, Bilbao unggul lebih dulu lewat kaki Fernando Llorente. Madrid kemudian menyamakan kedudukan lewat Marcelo.

Pada babak kedua, Madrid membuat tiga gol tambahan. Ronaldo mencetak dua gol lewat titik putih, sedangkan satu gol lainnya disumbangkan oleh Jose Callejon.

Madrid masih kokoh di peringkat teratas klasemen dengan koleksi 49 poin dari 19 pertandingan. Jarak mereka dengan Barca yang menghuni peringkat kedua pun tetap lima poin. Bilbao di peringkat ketujuh dengan 26 poin.

Jalannya pertandingan

Madrid mengancam pada menit kesembilan lewat sepakan Esteban Granero dari luar kotak penalti. Tapi, kiper Gorka Iraizoz masih bisa membaca arah bola dan mengamankan gawangnya.

Tiga menit kemudian, Cristiano Ronaldo memperoleh peluang lewat tendangan bebas. Tapi, sepakannya tak menemui sasaran.

Asyik menyerang, Madrid malah ketinggalan duluan. Llorente memaksa Iker Casillas bertekuk lutut lewat golnya pada menit ke-13.

Dari sebuah proses serangan balik, Javi Martinez menusuk dari sisi kiri pertahanan Madrid. Dia kemudian mengirim bola ke mulut gawang di mana di sana ada Llorente yang tak terkawal. Tanpa kesulitan, Llorente mengirim bola ke dalam gawang.

Gawang Madrid kembali terancam pada menit ke-19. Namun, Casillas masih bisa membendung tembakan keras Iker Muniain dari luar kotak penalti. Oscar De Marcos yang mencoba memanfaatkan bola rebound juga gagal.

Madrid bisa menyamakan kedudukan empat menit kemudian lewat kaki Marcelo. Usai bermain umpan satu-dua dengan Karim Benzema, bek asal Brasil itu menjebol gawang Bilbao dengan kaki kirinya.

Tampil di Bernabeu tak membuat Bilbao gentar. Buktinya, mereka berani menampilkan permainan terbuka dan menekan tim tuan rumah.

Tembakan De Marcos dari luar kotak penalti pada menit ke-35 tak membuahkan hasil. Arah bola masih menyamping.

Serangan balasan Madrid beberapa saat kemudian juga belum sukses. Kali ini, tendangan keras Benzema bisa dihentikan oleh Iraizoz.

Babak kedua baru berumur semenit, Madrid sudah mendapatkan hadiah penalti. Penalti ini disebabkan oleh pelanggaran Ander Iturraspe terhadap Kaka di area terlarang.

Seperti biasa, Ronaldo yang bertugas mengeksekusi penalti. Dia sukses mengemban tugas setelah tendangannya menghujam pojok gawang Bilbao.

Bilbao mencoba untuk langsung membalas. Tapi, tembakan Muniain cuma menerpa sisi luar jala gawang Madrid.

Pada menit ke-63, usaha De Marcos untuk menyamakan kedudukan juga belum berhasil. Sepakan jarak jauhnya masih melebar.

Dua menit kemudian, Benzema mencetak gol untuk Madrid, tapi wasit menganulirnya. Wasit menganggap sebelum gol terjadi De Marcos lebih dulu melanggar Mesut Oezil di kotak penalti. Madrid pun dihadiahi tendangan 12 pas dan De Marcos diusir karena sudah mengantongi dua kartu kuning.

Penalti kedua ini juga berhasil dikonversi menjadi gol oleh Ronaldo. Dia mengarahkan bola ke pojok kiri gawang tanpa bisa diantisipasi oleh Iraizoz.

Lima menit jelang berakhirnya waktu normal, Madrid mencetak gol keempat melalui kaki Callejon. Dalam sebuah serangan balik, Gonzalo Higuain mengirim umpan terobosan ke Callejon dan nama terakhir menggetarkan gawang Bilbao lewat tembakan kaki kanannya.

Susunan pemain:
Madrid: Casillas; Arbeloa, Ramos, Varane, Marcelo; Granero (Diarra 73'), Xabi; Ozil, Kaka (Callejon 78'), Ronaldo; Benzema (Higuain 68')

Bilbao: Iraizoz; Iraola, Javi Martinez, San Jose, Amorebieta (Gomez 62'); Iturraspe, Herrera, De Marcos; Susaeta (Perez 69'), Llorente (Toquero 61'), Muniain



( mfi / din )http://www.detiksport.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar