Featured Video

Senin, 23 Januari 2012

Mourinho Mulai Ditinggal Pemain Madrid?


FOTO:Reuters
Madrid - Kekalahan atas Barcelona membawa masalah lain buat Jose Mourinho. Beberapa media Spanyol memberitakan kalau dia mulai kehilangan dukungan dari pemain usai berdebat dengan Sergio Ramos dan Iker Casillas.

Bibit-bibit keretakan hubungan antara Mourinho dengan pemainnya, terutama yang berpaspor Spanyol, muncul saat menjalani latihan pertama pasca laga El Clasico, Jumat (20/1/2012) lalu. Saat itu Mourinho melontarkan kritik dengan menyebut dirinya telah 'dikhianati' terkait komentar yang diberikan pemain pada pers usai kekalahan dari Barca.

"Kalian membunuh saya (dengan pernyataan yang kalian berikan pada pers) dimixed zone," seru Mourinho dalam sesi latihan tersebut seperti diberitakan Marca dan dikutip dari Goal.

"Tidak, boss. Anda hanya membaca apa yang dipublikasikan media, bukan semua hal yang kami utarakan (pada media)," jawab Sergio Ramos.

Masih diberitakan Marca, pelatih asal Portugal itu kemudian melontarkan kritik lainnya, yang kali ini dia tujukan pada Iker Casillas. "Tentu saja, karena kalian adalah Spanyol sang juara dunia, teman-teman Anda akan melindungin Anda...seperti sang kiper," lanjut Mourinho.

Casillas, yang berdiri beberapa meter dari perbincangan Ramos-Mourinho, sepertinya tak senang dengan pernyataan pelatihnya itu. "Boss, di sini kami mengungkapkan sesuatu langsung di hadapan orangnya," ketus Casillas.

Perbincangan antara Mourinho dengan Ramos tak berhenti sampai di situ. Pelatih asal Portugal itu kemudian terang-terangan menyalahkan Ramos atas gol penyama The Catalans yang dilesakkan Carles Puyol karena dialah yang sebenarnya ditugasi mengawal kapten Barca itu. Berikut kutipan debat Mourinho dengan Ramos:

Mourinho: Ada di mana kau saat gol pertama, Sergio?

Ramos: Mengawal (Gerard) Pique.

Mourinho: Well, kamu seharusnya mengawal (Carles) Puyol.

Ramos: Dia (Puyol) dan Pique mengganggu pemain belakang (Madrid) dan kami memutuskan untuk mengubah (tanggung jawab) pengawalan.

Mourinho: Apa lagi ini? Sekarang Anda mencoba menjadi pelatih.

Ramos: Tidak, tapi berdasarkan pada situasi di pertandingan, kadang penting untuk mengubah pengawalan (pemain lawan). Karena Anda tak pernah menjadi (pemain) profesional, Anda tak akan pernah tahu kalau hal tersebut kadang diperlukan.

Perdebatan tersebut dikabarkan membuat pemain-pemain Madrid terutama yang berpaspor Spanyol mulai hilang respek pada Mourinho. Apalagi beberapa anggota skuad El Real juga disebut masih tak senang pada sang pelatih yang melontarkan kritik dengan menyebut pemain Madrid terlalu banyak makan dan mabuk saat liburan Natal lalu.

Sebagai catatan, hubungan Mourinho dan Casillas beberapa kali dikabarkan berjalan kurang baik. Salah satu yang sempat menyeruak adalah ketidaksukaan Mourinho atas tindakan Casillas menelepon Xavi Hernandez dan Puyol untuk meminta maaf terkait pertikaian antarpemain yang terjadi dalam El Clasico di ajang Super Copa Spanyol beberapa waktu lalu.

Padahal tindakan Casillas tersebut dianggap sebagai bagian dari tugasnya sebagai kapten timnas Spanyol, mengingat beberapa laga El Clasico dianggap sudah merenggangkan kesatuan timnas.

“Terserah dia. Itu bukan urusan saya kalau dia mau menelepon siapapun,” sahut Mourinho ketika itu.



( din / mfi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar