Featured Video

Minggu, 22 Januari 2012

TDM, BIKIN DANAU MANINJAU MENDUNIA


AGAM,  Untuk pertama kalinya, Garuda Indo­nesia melakukan perhelatan fun bike Tour de Maninjau (TdM) 2012, di kawasan Lawang dan Maninjau Kabupaten Agam, Sabtu (21/1). Namun beratnya penanjakan pada rute yang dilalui tersebut membuat separuh dari peserta TdM kali ini lebih memi­lih jalan kaki saat penanjakan.

Kegiatan ini diikuti sekitar 300 peserta dari Garuda Group Cycling Community (G2C2) dan dari umum, baik dari kalangan pemula dan professional se-Indonesia. Bahkan tak sedikit dari kalangan pejabat Sumbar yang ikut berpartisipasi dalam TdM 2012.
Iven ini berbeda dengan Tour de Singkarak (TdS). Jika iven TdS bersifat perlombaan dan diikuti oleh pembalap nasional dan internasional, namun pada TdM ini diikuti oleh klub sepeda dan masyarakat yang hobi olahraga sepeda.
Pada iven TdM, para peserta tidak dipacu dengan waktu dan bisa menikmati keindahan alam di daerah yang dilintasi. Tak heran jika peserta TdM banyak memarkirkan sepedanya ketika melihat keindahan Danau Maninjau dari Puncak Lawang, dan mengabadikan momen yang menurut mereka sangat langka dan berharga.

Bahkan jika tidak sanggup mengayuh sepeda, peserta juga diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan dengan mobil. Selain bisa menikmati keindahan alam, peserta juga diperkenalkan dan disuguhi berbagai kesenian tradi­sional, serta beberapa makanan kuliner di daerah Agam.
“Iven ini sangat cocok bagi yang hobi bersepeda santai dan yang suka berpetualang. Selain bisa sehat, para peserta juga banyak mengenal daerah dan pariwisata di Sumbar, khususnya di Agam. Kami mengusakan agar iven ini akan tetap berlanjut tiap tahunnya,” ujar Presiden dan CEO PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Emirsyah Satar disela-sela kegiatan TdM, Sabtu kemarin.
Menurutnya, kegiatan ini terinspirasi atas ide-ide kreatif dari Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, yang memadukan unsur olahraga dengan budaya dan pariwisata.
Kegiatan TdM ini juga diha­rapkan bisa mem­promosikan keindahan Puncak Lawang dan Danau Maninjau ke tingkat internasional.
“Tidak hanya bersepeda ria sambil menikmati keindahan alam, tapi Garuda Indonesia juga melakukan kegiatan sosial, seperti memberikan bantuan kepada MDA Tarbiyah Gajah Mati La­wang serta penanaman pohon di Puncak Lawang,” ujar Emirsyah Satar.
Garuda Indonesia juga mela­kukan kerjasama dengan pengu­rus kamar dan Industri (Kadin) Sumbar, yang ditandai dengan penandatangan MoU di Hotel Nuansa Maninjau.
Dalam kerjasama itu, seluruh pengurus dan anggota Kadin Sumbar mendapat diskon khusus jika terbang menggunakan jasa Garuda Indonesia. Emirsyah Satar juga berharap seluruh pengusaha di Sumbar menggunakan jasa Garuda Indonesia.
Terkait iven TdM 2012 ini, Bupati Agam Indra Catri berjanji untuk melakukan peningkatan fasilitas dan pelayanan jika TdM ini dilakukan tiap tahun. Saat ini, akses jalan ke Puncak Lawang masih membahayakan, karena belum semuanya diaspal.
“Ada sekitar tujuh kilometer lagi jalan menuju Puncak Lawang yang belum diaspal. Sekarang lagi masa pengerjaan. InsyaAllah dalam tiga bulan kedepan bisa selesai. Kami juga akan mem­bangun banyak fasilitas lainnya, seperti pembangunan WC bersih, hotel dan yang lainnya, yang saat ini memang masih minim,” jelas Indra Catri.
Indra Catri juga menjamin masyarakat Agam akan welcome pada setiap pengunjung dan pada setiap iven yang dilaksanakan. Ia juga berharap iven TdM dila­kukan setiap tahunnya dengan jumlah peserta yang diharapkan juga terus meningkat.
Sementara itu, Wakil Gu­bernur Sumbar Muslim Kasim mengungkapkan, iven TdM ini secara tak langsung bisa mening­katkan perekonomian warga sekitar. Namun untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di lokasi objek wisata, menurutnya butuh waktu lama yang tidak  bisa dicapai secara instan.
“Saya berharap kepada selu­ruh masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Maninjau dan Puncak Lawang untuk ikut ber­partisipasi dan mendukung seluruh program pariwisata di Sumbar. Pemerintah juga akan  meningkatkan uapaya pembinaan masyarakat, agar bersikap ramah tamah dan menyambut dengan baik seluruh tamu dan pengunjung yang datang,” tambah Muslim Kasim. (h/wan)http://www.harianhaluan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar