Featured Video

Selasa, 17 Juli 2012

Rusia Kalahkah AS sebagai Negara Terkaya SDA


Rusia Kalahkah AS sebagai Negara Terkaya SDA
Bendera Rusia
 Rusia ditasbihkan menjadi negara terkaya yang memiliki sumber daya alam (SDA) dari daftar sepuluh negara terkaya SDA. Ditaksir, SDA yang dimiliki negeri 'Tirai Besi' itu menapai 75,7 triliun dolar AS. Sementara Amerika Serikat menguntit diperingkat kedua dengan nilai 45 triliun dolar AS.


Urutan ketiga ditempati Arab Saudi yang diperkirakan memiliki kekayaan alam senilai 34,4 triliun dolar. Laporan itu diliris Wall Street, dan dikutip Arab News, Senin (16/7).

Enam negara lainnya yang memiliki kekayaan alam terbesar, adalah negara dengan sumber minyak melimpah. Beberapa negara di Timur Tengah seperti Irak dan Iran, adalah negara yang memiliki kekayaan alam luar biasa, dengan persentase mencapai 85 persen.

Arab Saudi merupakan negara paling kaya minyak, dengan jumlah mencapai sekitar 20 persen dari minyak dunia. Sumber kekayaan alam yang dihitung laporan tersebut termasuk hidrokarbon, minyak dan juga gas alam.

Negeri kelahiran Nabi Muhammad SAW itu menyimpan kekayaan gas alam kelima terbesar di dunia. Karena itu, semua cadangan kekayaan alam yang tertanam di negeri yang memiliki dua kota suci bagi umat Islam, Makkah dan Madinah tersebut, tidak bakal habis.

Saudi mungkin diprediksi bakal lengser dari daftar negara terkaya SDA. Tapi laporan Wall Strett itu menyatakan, kekayaan negeri King Abdul Aziz itu masih akan bertahan beberapa dekade lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar