Featured Video

Selasa, 28 Agustus 2012

Mesir Tolak Permintaan AS Tembak Kapal Iran


Mesir Tolak Permintaan AS Tembak Kapal Iran
Kapal perang Iran, Alvand yang melintas Terusan Suez
 TERUSAN SUEZ -- Angkatan Laut (AL) Mesir menolak permintaan Amerika Serikat untuk menembak kapal Iran yang melintas di Terusan Seuz. AS meminta Mesir menembak kapal Iran lantaran membawa persenjataan menuju Suriah.

Pejabat Otoritas Terusan Suez, Mohab Mamish, kepada Al Arabiya Ahad (26/8) kemarin menyangkal kemungkinan adanya serangan militer apapun di kawasan Terusan Suez. Kebijakan tersebut guna menjamin keamanan lalu lintas perairan internasional.

“Tujuan utama saya sejak diangkat sebagai ketua Otoritas Terusan Suez pada 12 Agustus lalu adalah menjamin semua kapal bisa melewati perlintasan air itu dengan aman,” kata Mamish yang juga mantan komandan AL Mesir. 

Mamish menyatakan, Presiden Mesir, Muhammad Mursi sudah membantah kabar penjualan atau penyewaan Terusan Suez. Terkait tudingan tersebut, Mursi mengharamkan perusahaan asing terlibat dalam proyek pembangunan di Terusan Suez.

Sebuah komite telah dibentuk untuk menangani proyek-proyek pembangunan di kawasan Terusan Suez, kata Mamish. Termasuk masalah pemeliharaan dan bahan bakar. Soal biaya yang harus dibayarkan setiap kapal yang melintas, Mamish menjelaskan ketentuannya diatur komite tertentu yang mengurus soal tarif perlintasan air internasional.

"Informasi tentang bobot, isi dan jenis muatan setiap kapal harus diberitahu terlebih dahulu setidaknya 24 jam di muka sebelum diverifikasi untuk mendapatkan izin melintas," ujar Mamish.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar