Featured Video

Selasa, 30 Oktober 2012

Obama Nyatakan Topan Sandy Bencana Besar, Bantuan Federal Diberikan


Reuters
Washington, - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan bencana topan Sandy sebagai 'bencana besar' untuk negara bagian New York dan New Jersey. Keluarnya pernyataan ini juga menjadi tanda pencairan dana bantuan federal bagi para korban topan mematikan ini.

Deklarasi ini dikeluarkan Obama beberapa saat setelah topan Sandy menerjang wilayah Pantai Timur AS, hingga membanjiri kawasan ramai penduduk Manhattan dan wilayah pantai New Jersey. Bahkan sekitar 6,2 juta warga terpaksa hidup tanpa aliran listrik hingga beberapa hari ke depan akibat topan ini.

Seperti dilansir AFP dan The Telegraph, Selasa (30/10/2012), dengan adanya deklarasi bencana oleh Presiden Obama ini, berarti sejumlah dana bantuan bencana federal tersedia bagi setiap korban di kedua kota tersebut. Dana bantuan ini termasuk dalam bentuk hibah dan pinjaman bagi perbaikan rumah yang rusak maupun pembangunan rumah sementara pasca bencana.

Sepanjang Senin (29/10) waktu setempat saat topan menerjang New Jersey dan New York, Obama berada di Gedung Putih, Washington DC sembari sibuk memantau langsung upaya penanganan bencana. Bahkan Obama sengaja membatalkan agenda kampanyenya dan memilih memfokuskan diri pada upaya penanganan bencana ini.

Sedangkan rivalnya dari Partai Republik, Mitt Romney juga melakukan hal yang sama. Romney membatalkan jadwal kampanyenya di sejumlah kota menjelang pilpres yang akan berlangsung pekan depan.

Sejauh ini, jumlah korban tewas akibat Topan Sandy dahsyat di AS ini telah mencapai 13 orang, termasuk satu orang yang tewas di Toronto, Kanada. Sebelumnya Topan Sandy telah menewaskan 66 orang di Karibia, yang sebagian besar korban berada di Kuba dan Haiti. Banyak korban ditemukan tewas dalam reruntuhan bangunan yang ambruk diterjang badai. Badai juga merusak ratusan rumah dan menyebabkan lahan-lahan pertanian terendam banjir.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar