Featured Video

Selasa, 30 Oktober 2012

Topan Sandy Hentikan Semua Kegiatan di New York


(AP/Mel Evans) Gelombang dari Samudera Atlantik menghantam pantai dan sepanjang Beach Ave, Senin (29/10) di Cape May, New York. Topan Sandy mengandangkan ribuan pesawat, sehingga menelantarkan para penumpang dan pelancong di seluruh dunia.


Topan Sandy menghentikan operasi ribuan pesawat di kawasan timurlaut AS, Senin (29/10), sehingga menelantarkan para penumpang dari Hong Kong sampai Eropa.
Badai kuat itu diperkirakan menghentikan perjalanan udara selama sedikitnya dua hari di sebuah kawasan penting baik penerbangan domestik maupun internasional.

Maskapai-maskapai penerbangan besar seperti American Airlines, JetBlue dan Delta berencana membatalkan semua penerbangan ke dan keluar tiga bandara regional di New York, wilayah udara tersibuk negara Paman Sam.

Menurut FlightAware, hampir 7.500 penerbangan dibatalkan untuk hari Minggu dan Senin. Baik Philadelphia International Airport maupun Newark Intetnational Airport, pusat untuk United Airlines, masingp-masing telah membatalkan lebih 1.200 penerbangan selama dua hari.

Penangguhan terjadi di seluruh AS, sehingga menelantarkan para pelancong di kota-kota seperti San Francisco sampai Chicago. Kekacauan meluas ke Eropa dan Asia, karena maskapai-maskapai penerbangan membatalkan atau menangguhkan penerbangan ke New York dan Washington dari kota-kota yang menjadi pusat-pusat perjalanan penting termasuk London, Paris, Tokio dan Hong Kong.

Sandy, topan kategori 1dengan kecepatan angin 120 km per jam pada Senin pagi menewaskan 65 orang di Karibia sebelum badai itu memulai meningkat di Laut Timur.

Para petugas cuaca mengatakan, topan itu berada 685 km tenggara New York dan pusat badai itu diperkirakan dekat pantai Atlantik pada Senin malam, berbenturan dengan badai lembab yang datang dari barat dan udara dingin masuk dari Arktik.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar