Featured Video

Minggu, 11 November 2012

Citizen Journalist, Ancaman atau Keuntungan Bagi Media?


Citizen Journalist, Ancaman atau Keuntungan Bagi Media?
Pelatihan Citizen Jurnalism oleh Republika Online
JAKARTA -- Saat ini media online sudah tidak asing lagi di masyarakat. Keberadaan media online sudah mulai sejajar dengan cetak dan elektronik.

Dengan munculnya media online, masyarakat lebih mudah menerima dan mengakses informasi . Malah, peran masyarakat bukan  saja sebagai penerima informasi tetapi bahkan sebagai pemberi informasi  atau yang sering kita kenal dan sebut “citizen journalist”. Media yang digunakan oleh 'citizen journalist' berupa blog, website, dan sosial media lainnnya. Masyarakat sudah tidak perlu lagi menunggu informasi dari instansi media yang resmi, cukup dengan mengakses internet  bisa mendapatkan informasi.


Kenapa masyarakat siapapun bisa menjadi citizen journalist? Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya memiliki kesadaran teknologi dan internet itu adalah media terbuka, siapa pun bisa mengaksesnya tidak ada batasan waktu ataupun tempat. Bahkan tidak perlunya izin resmi atau pengawasan.



Namun ini merupakan pertanyaan besar apakah citizen journalist merupakan ancaman atau keuntungan bagi masyarakat atau wartawan?



Penulis: Febilia anantika (Mahasiswi STIKOM LSPR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar