Featured Video

Minggu, 11 November 2012

Pulau Tidung Tawarkan Agro Wisata


Pulau Tidung. TEMPO/Rully Kesuma
 Semakin populernya wisata di Kepulauan Seribu tak pelak membuat pemerintah setempat berupaya mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di kepulauan itu. Nah, salah satu yang tengah mereka upayakan saat ini adalah agro wisata (wisata pertanian).

Sesaat mungkin terdengarnya aneh, wisata pertanian di wilayah kepulauan. Namun, menurut penjelasan Bupati Kepulauan Seribu Ahmad Ludfi, agro wisata bukanlah hal yang aneh untuk diterapkan di wilayah kepulauan. 

"Percaya atau tidak, berbagai tanaman yang biasa dijumpai di lokasi pertanian bisa ditemukan di Kepulauan Seribu. Nah, yang akan kami kembangkan menjadi lokasi agro wisata adalah Pulau Tidung Kecil," ujar Ahmad kepada Tempo, Sabtu, 10 November 2012.

Ahmad menjelaskan, untuk agro wisata di Pulau Tidung Kecil, wisatawan nantinya akan disuguhi keanekaragaman tanaman pertanian, mulai dari yang khas Pulau Seribu hingga yang berasal dari wilayah luar negeri. Beberapa jenis tanaman yang akan disuguhkan misalnya pohon sukun khas Pulau Seribu, tanaman buah naga dari Meksiko, hingga tanaman obat keluarga.

Untuk menambah daya tarik agro wisata di Pulau Tidung Kecil tersebut, Ahmad mengatakan bahwa wisatawan akan mengakses pulau itu melalui Jembatan Cinta Pulau Tidung Besar. Dengan begitu, sebelum masuk ke Pulau Tidung Kecil, wisatawan sudah disuguhi dengan pemandangan di sekitar Jembatan Cinta.

Ahmad mengatakan, di satu sisi, pengembangan agro wisata ini merupakan upaya untuk menunjukkan bahwa tiap pulau di Kepulauan Seribu memiliki ikon yang bisa ditonjolkan. Ia berkata, jika Pulau Tidung Besar memiliki Jembatan Cinta, Pulau Tidung Kecil punya wisata pertaniannya.

"Tapi, saya tegaskan juga, konsep wisata ini akan go green. Kita harus pertahankan kealamian, keasrian pulau," ujar Ahmad menegaskan.

Secara terpisah, Kepala Suku Dinas Kelautan dan Perikanan Pulau Seribu, Liliek Litasari, mengatakan bahwa ke depannya Pulau Tidung Kecil tak hanya dikembangkan menjadi lokasi agro wisata. Ia berkata, Pulau Tidung Kecil nantinya juga akan dikembangkan sebagai pusat pelatihan dan pengembangan bidang kelautan dan pertanian.

"Nanti dibangun kebun bibit tanaman produktif dan demplot tanaman buah naga," ujar Liliek. Menurutnya lagi, di Pulau Tidung juga akan dikembangkan wahana outbond.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar