Featured Video

Kamis, 15 November 2012

Demokrat Tak Ikut Campur Jika Andi Diperiksa KPK

Saan Mustofa. TEMPO/Imam Sukamto

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustopa, memastikan partai pemenang Pemilu 2009 itu tak akan melakukan intervensi apapun jika Komisi Pemberantasan Korupsi kelak memeriksa kader utama mereka: Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. 


"Kami serahkan semua ke institusi penegak hukum," kata Saan, Rabu 14 November 2012. 

Hasil pemeriksaan sejauh ini memang terus mengarah pada peran Andi. Audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan sudah menegaskan bahwa ada kemungkinan mantan juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pembiaran atas korupsi di kementeriannya. Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR pun menelurkan rekomendasi serupa: Andi harus diperiksa. 

"Kami menghormati apapun hasil pendalaman BAKN atas kejanggalan proyek Hambalang," kata Saan lagi. Dia mempersilakan aparatur penegak hukum untuk segera memeriksa Andi. 

Saan berkali-kali memastikan partainya tidak akan turun campur dalam pemeriksaan kasus korupsi Hambalang di KPK. Saan sendiri dikenal dekat dengan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. 

Meski namanya santer disebut terkait, belum ada satupun bukti dan indikasi hukum dalam laporan BPK yang mengaitkan Anas pada kasus korupsi Hambalang. Anas sendiri mengalahkan Andi dalam pemungutan suara memperebutkan kursi Ketua Umum partai pada Kongres Demokrat, Mei 2010 lalu. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar