Featured Video

Selasa, 27 November 2012

Rapor Indonesia Jumpa "The Lions"


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO
Pelatih Nil Maizar (tengah) memberikan bimbingan kepada para pemain Timnas Indonesia saat mengikuti latihan menjelang laga kedua mereka melawan Timnas Singapura dalam Piala AFF 2012 di Stadion Inspen, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (27/11/2012). Pelatih dan para pemain Timnas optimistis akan mampu memetik kemenangan saat melawan Singapura.



Indonesia akan melakoni laga hidup-mati melawan Singapura pada laga kedua Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Rabu (28/11/2012). Skuad "Garuda" wajib meraih angka penuh demi memperbesar peluang lolos ke babak semifinal.

"The Lions" sejatinya bukan lawan yang mudah ditaklukkan bagi Bambang Pamungkas dan kawan-kawan pada pertandingan. Dari catatan pertemuan kedua tim, Indonesia tidak pernah menang sejak pesta sepak bola terbesar di Asia Tenggara ini digelar pada tahun 1996. Rapot Indonesia cenderung merah karena menelan empat kekalahan dan hanya sekali mampu menahan imbang Singapura.
Pertemuan pertama terjadi di Piala AFF 1998 di Vietnam. Kala itu, Indonesia takluk dari Singapura 1-2 pada babak semifinal. Singapura kemudian juara untuk pertama kalinya setelah mengalahkan tuan rumah Vietnam dengan skor 1-0.

Indonesia kembali bertemu dengan Singapura di final AFF 2004. "Merah Putih" pun kembali mengubur impiannya merebut trofi setelah takluk dengan agregat 2-5. Pada leg pertama yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia dipermalukan 1-3. Elie Aiboy dan kawan-kawan kembali takluk 1-2 di National Stadium. Gol dari Indra Sahdan dan Agu Casmir memastikan Singapura menjadi kampiun untuk kedua kalinya.

Indonesia dan Singapura lagi-lagi berjodoh di Piala AFF 2007 di Singapura dan Thailand. Indonesia hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Singapura. Indonesia kemudian harus tersingkir dari babak penyisihan Grup B.

Terakhir, Indonesia bertemu Singapura pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2008. Singpura masih terlalu perkasa bagi Indonesia. Di depan publiknya sendiri, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan takluk dua gol tanpa balas oleh gol yang diciptakan Shi Jiayi dan Baihakki Kaizan.

Di Piala AFF 2012, Singapura mampu membuat kejutan dengan mampu menaklukkan juara bertahan sekaligus tuan rumah Malaysia dengan skor tiga gol tanpa balas pada laga perdana babak penyisihan Grup B, Minggu (25/11/2012). Tak pelak, Daniel Bennet dan kawan-kawan lebih diunggulkan ketimbang Indonesia. Apalagi Singapura pastinya ingin segara memastikan tiket semifinal.

Terlepas dari itu, Indonesia bisa saja mengejutkan pada pertandingan nanti. Pasalnya, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan masih memiliki keyakinan besar sekalipun di laga perdana harus ditahan imbang 2-2 oleh Laos. Mampukah Indonesia?

Catatan pertemuan kedua tim di Piala AFF:
Indonesia 1-2 Singapura (Semifinal Piala AFF 1998)
Indonesia 1-3 Singapura (Final Leg I Piala AFF 2004)
Singapura 2-1 Indonesia (Final Leg II Piala AFF 2004)
Singapura 2-2 Indonesia (Babak penyisihan grup Piala AFF 2007)
Indonesia 0-2 Singapura (Babak penyisihan grup Piala AFF 2008)


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar