Featured Video

Selasa, 13 November 2012

Sitinjau Lawik Ditutup untuk Truk

Pengecoran beton


Jalan Padang-Solok via Sitinjau Lawik ditutup untuk kendaraan berat, terutama truk hingga 23 November. Penutupan itu menyusul pengerjaan beton jalan Padang-Solok di tikungan panorama satu kawasan Lubuk Paraku. Tak ada pengecualian dan dispensasi bagi pengendara.


“Kita sudah umumkan, jalan Sitinjau Lawik tidak bisa dilewati truk lagi. Kita sedang kerja, meski memaksakan nanti sampai di Sitinjau Lawik juga tidak akan dapat lewat,” sebut Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Jembatan Sumbar, H Suprapto Senin (12/11). Jalan itu ditutup untuk truk sejak 9 November lalu.
Kendaraan kecil masih bisa lewat. Seperti mobil pribadi dan angkutan umum lainnya. Pengendara juga harus bersabar, karena meski bisa lewat, sistem buka tutup tetap diberlakukan.
Terkait dengan selang waktu buka tutup yang diberlakukan, menurutnya tergantung di lapangan. “Itu teknis di lapangan, biasanya kalau padat dari atas dibuka di atas lebih cepat, kalau terlalu padat dari bawah dibuka dari bawah lebih cepat,” katanya.

Pelaksanaan pembangunan jalan Padang-Solok dilasanakan sepanjang, 3,85 Km. Terdiri dari pembangunan beton rigid sepanjang 2,35 Km dari Lubuk Paraku sampai batas kota. Kemudian pengaspalan sepanjang 1,5 kilometer dari Lubuk Salasih hingga batas kota.
Pembangunan itu melibatkan tiga rekanan kontraktor, yakni, PT Waskita Karya melaksanakan pembangunan di tikungan Sitinjau Lawik. Kemudian, PT. Putra Hari Mandiri pembangunan beton rigid dari Panorama Satu sampai batas Kota Padang. Sedangkan pengaspalan dilaksanakan oleh PT Tri Jaya. Pembangunan itu menelan anggaran Rp14 miliar untuk beton rigid, sementara pengaspalan menelan biaya Rp3,5 miliar.
Tahun 2011 jalan Padang-Solok sudah dikerjakan sepanjang 6,7 Km. Secara keseluruhan yang akan dikerjakan tinggal sepanjang 6,9 Km lagi. Tahun ini dikerjakan sepanjang 3,85 Km, maka sisanya tinggal 4,6 Km lagi.
Kendaraan yang melewati jalan Padang-Solok tiap harinya mencapai 6.000 unit terdiri dari berbagai jenis. Jika jalan itu buka tutup akan tetap terjadi kemacetan hingga 3 jam. Tapi pada waktu-waktu tertentu akan dibuka bebas. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar