Featured Video

Selasa, 08 Januari 2013

Microsoft, Google & Apple Absen di Pesta Gadget Dunia



Suasana CES (abc)
Jakarta - Consumer Electronic Show (CES) 2013 yang segera berlangsung di Las Vegas, sering disebut sebagai pameran elektronik terbesar di dunia. Namun absennya beberapa raksasa teknologi sepertinya akan membuat acara ini kurang semarak.

Microsoft menyatakan tahun 2012 adalah terakhir kalinya mereka tampil di arena CES sehingga tidak hadir lagi mulai tahun ini. Selain mereka, raksasa teknologi yang sudah pasti absen adalah Apple, Amazon dan Google.

Belum lagi nama-nama besar lain yang juga memastikan tidak berpartisipasi atau tidak mengadakan event khusus di CES tahun ini. Dari Motorola, HTC, RIM dan Nokia.

Memang masih ada beberapa vendor teknologi raksasa yang bakal meramaikan CES seperti Samsung, Sony dan LG. Namun tetap saja absennya beberapa raksasa disayangkan sejumlah pihak.

"Perusahaan yang menggerakkan ekosistem teknologi, Google, Amazon dan Microsoft tidak ada di perhelatan ini. Mereka lebih memilih menggelar event sendiri," kata Ross Rubin, analis di Recticle Research.

"CES secara perlahan kehilangan relevansinya di saat perubahan di industri terus berlangsung. Show yang lebih kecil seperti Mobile World Congress mulai berkibar," kata Patrick Moorhead, Principal Analyst di Moor Insights & Strategy.

Memang Mobile World Congress yang berlangsung di Barcelona mulai ramai belakangan ini. Di mana banyak vendor ponsel besar memperkenalkan produk jagoannya pertama kali di sana.

Namun demikian, banyak perusahaan teknologi yang masih meyakini 'sihir' CES. Seperti Sony yang tetap setia memamerkan berbagai produk baru di sini.

"Kami masih sangat yakin terhadap kekuatan CES dan berkumpulnya semua orang industri di satu tempat sebagai debut produk dan layanan baru," kata Rob Manfredo, pejabat Sony Senin (7/1/2013).

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar