Featured Video

Minggu, 14 April 2013

Detik-detik Menegangkan Evakuasi Penumpang Lion Air di Laut


Jakarta - Pesawat Boeing 737 800 NG milik Lion Air terbang dari Bandung dan jatuh di laut Bali. Sebuah video merekam detik-detik penyelamatan penumpang saat pesawat itu baru saja jatuh.

Video yang diunggah detikTV, Sabtu (13/4/2013), menayangkan saat-saat menegangkan proses evakuasi para korban selamat dari pesawat yang terhempas di perairan dangkal laut Bali.

Dalam video tersebut terlihat pesawat Lion Air terhempas sekitar 30 meter dari daratan. Proses evakuasi para penumpang dan awak kapal dilakukan melalui 3 pintu darurat yang berada di sisi pesawat, yaitu 2 pintu berada di bagian tengah, dan 1 pintu lainnya di bagian depan pesawat.

Evakuasi dilakukan menggunakan 3 perahu karet, 2 di antaranya bermesin jet. Selain itu ada 3 perahu nelayan dan 1 perahu kecil bertuliskan 'Pokmaswas' yang ikut membantu.

Berburu dengan waktu, satu persatu penumpang dikeluarkan dari dalam pesawat melalui pintu darurat, menaiki perahu kemudian dibawa ke tepian yang merupakan bebatuan di bibir laut.

Tampak tepian laut itu dipenuhi puluhan orang baik penumpang, tim penyelamat maupun masyarakat. Di tepian itu juga terlihat pagar pembatas landasan bandara Ngurah Rai dijebol untuk mengevakuasi korban ke daratan. Sementara suara ambulans terdengar hilir mudik membawa para korban yang terluka ke rumah sakit.

Cuaca saat proses evakuasi terlihat cukup cerah, meski sebelumnya disebutkan pesawat jatuh dalam kondisi langit yang gelap. Begitu juga dengan kondisi gelombang air yang relatif tenang dan tidak menghambat proses evakuasi.

Kemudian, selain proses evakuasi, video itu juga menunjukkan patahan badan pesawat yang berada tepat di bagian belakang ekor pesawat. Sementara salah satu sisi kaca di ruang pilot tampak sudah pecah.

Peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air ke laut terjadi sekitar pukul 15.35 WITA. Sebanyak 101 penumpang dan 7 kru berhasil diselamatkan dari musibah tersebut.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar