Featured Video

Minggu, 14 April 2013

Tiga Pemenang Berbeda Hadir di Tiga Balapan Awal


AFP/Ed Jones
Shanghai - Tiga seri sudah terlaksana di F1 musim 2013. Dari tiga seri itu, hadir pula tiga pemenang berbeda, dengan Fernando Alonso (Ferrari) menjadi pemenang teranyar

Di Shanghai International Circuit, Minggu (14/4/2013), Alonso berhasil memenangi balapan pertamanya musim ini. Di podium, ia ditemani oleh Kimi Raikkonen (Lotus) dan Lewis Hamilton yang membela Mercedes.

Dengan demikian maka ada tiga pemenang berbeda dari tiga seri yang sudah dilakukan musim ini; Raikkonen di GP Australia, Vettel di GP Malaysia, dan kini Alonso di GP China.

Hal tersebut sedikit-banyak mengingatkan akan persaingan di awal musim lalu, di mana ada tujuh pemenang berbeda di tujuh balapan pertama musim 2012.

Balapan ini sendiri mencuatkan sejumlah insiden, seperti senggolan mobil Mark Webber dengan mobil Jean-Eric Vergne. Pada prosesnya Webber out setelah ban belakang mobilnya copot.

Dengan hasil di Shanghai tersebut, Sebastian Vettel untuk sementara memuncaki klasemen dengan 52 poin, diikuti Raikkonen (49 poin) dan Alonso (43 poin).

Jalannya Balapan

Lewis Hamilton berhasil menjaga posisi terdepan sleepas start. Di belakangnya Fernando Alonso langsung merangsek ke posisi dua, diikuti rekan setimnya, Felipe Massa.

Kimi Raikkonen yang start di posisi dua langsung tergeser ke posisi tiga, diikuti oleh Nico Rosberg. Posisi lima besar itu kemudian terus memimpin di akhir lap pertama.

Sementara agak di belakang, Jenson Button dan Sebastian Vettel tidak bisa langsung melewati para pebalap di depannya. Start di posisi delapan dan sembilan, keduanya juga menyudahi lap pertama di posisi itu.

Di lap berikutnya, Massa terus menempel Alonso. Dua pebalap Ferrari itu bersaing untuk memperebutkan posisi dua di belakang Hamilton.

Di awal lap lima, Hamilton secara berturut-turut dilewati oleh Alonso dan kemudian Massa. Balapan kini dipimpin oleh Alonso sedangkan Hamilton melorot ke posisi tiga. Di lap ini Vettel berhasil menajamkan posisi ke peringkat tujuh.

Hamilton masuk pit di lap enam dan meninggalkan pitlane untuk kembali bergabung di posisi 16. Posisi tiga pun sementara diisi oleh Raikkonen.

Satu lap setelah itu giliran Alonso dan Raikkonen yang masuk ke pit. Posisi terdepan untuk sat ini dihuni oleh Massa, diikuti oleh Nico Hulkenberg dan Vettel.

Masuknya Massa ke pit di lap delapan membuat Hulkenberg kini memimpin balapan, diikuti Vettel dan Button. Massa kemudian bergabung lagi dan menempati posisi 12.

Memasuki lap 10, nyaris seluruh pebalap di lintasan kini sudah menggunakan ban medium. Cuma Pastor Maldonado yang masih bertahan dengan ban lunak.

Hulkenberg masih memimpin balapan sampai dengan lap 12, dengan dibayangi oleh Vettel. Duo McLaren, Button dan Sergio Perez, ada di posisi tiga dan empat, diikuti oleh Paul di Resta. Alonso, Hamilton, Raikkonen kemudian secara berurutan ada di posisi enam, tujuh, dan delapan.

Alonso naik ke posisi empat di lap 14 usai melewati Perez, setelah Satu lap sebelumnya Alonso melewati Di Resta. Vettel sementara itu masih membayangi Hulkenberg di posisi depan.

Perubahan posisi terjadi lagi di awal lap 15 akibat masuknya sejumlah pebalap ke pit. Di lap ini pula mobil Mark Webber bersinggungan dengan mobil Jean-Eric Vergne. Akibatnya bagian sayap depan mobil Webber mengalami kerusakan.

Satu lap kemudian, giliran mobil Raikkonen dan Perez yang bersinggungan. Coba melewati Perez dari bagian luar, bagian depan mobil Raikkonen malah mengenai ban belakang rivalnya itu. Dari komunikasi radio, terdengar Raikkonen mencak-mencak.

Sedangkan pada lap 17 mobil Webber terlihat kian melambat. Satu lap kemudian, ban kanan belakang mobil Webber akhirnya copot di turn 14 dan ia pun harus menyudahi balapannya.

Memasuki lap 20, Button, Alonso, Hamilton kini menempati tiga posisi terdepan. Di lap ini Vettel sukses melewati Perez untuk berada di posisi lima, dengan Raikkonen ada di depannya.

Satu lap berselang, Alonso berhasil memimpin balapan usai melewati Button. Sementara di posisi tiga, ada Hamilton dan Raikkonen yang sedang berduel untuk posisi tiga.

Memasuki lap 28, Vettel memimpin balapan dengan diikuti Alonso dan Hulkenberg. Button dan Hamilton sementara itu sedang sengit berebut posisi empat, dengan Raikkonen ada di belakang keduanya.

Pada lap 29, Hamilton sukses mengambil alih posisi empat dari Button. Sedangkan di bagian depan, Alonso akhirnya berhasil melewati Vettel untuk memimpin balapan lagi. Dengan Hulkenberg masuk pit di lap 30, Hamilton pun menempati posisi tiga meski Button dan Raikkonen juga siap memberikan ancaman.

Memasuki lap 35, Alonso masih memimpin balapan dengan diikuti Hamilton, Raikkonen, dan Button. Vettel yang sempat masuk lap sementara itu ada di posisi empat. Tak lama kemudian posisi berubah lagi karena Raikkonen masuk pit dan balik ke lintasan di posisi delapan.

Lima lap kemudian, Alonso masih memimpin balapan dengan Vettel di posisi dua. Buton ada di posisi tiga dengan diikuti Raikkonen dan Hamilton.

Setelah itu ditemukan indikasi bahwa pebalap bernomor 1, 2, 7, 17, 19, dan 23 (Vettel, Webber, Raikkonen, Valtteri Bottas, Daniel Ricciardo, Max Chilton) menggunakan DRS dengan keliru dan akan diinvestigasi steward. Hasil investigasi juga disebut bisa mempengaruhi posisi balapan kali ini.

Memasuki enam lap akhir, Alonso masih memimpin balapan dengan diikuti Vettel dan Raikkonen. Hamilton dan Di Resta kemudian berada di posisi empat dan lima. Di lap ini Button berhasil melewati Massa untuk menempati posisi enam.

Di tiga lap akhir, Vettel yang sempat masuk lap kini berada di posisi empat. Alonso masih ada di posisi terdepan dengan dibuntuti Raikkonen dan Hamilton.

Di lap akhir, Raikkonen bertarung dengan Hamilton dan Vettel untuk berebut posisi dua. Alonso sementara itu masih di posisi terdepan. Pada akhirnya Alonso berhasil mempertahankan posisi terdepan, dengan diikuti Raikkonen dan Hamilton di belakangnya.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar