Featured Video

Kamis, 25 April 2013

Kalahkan Warriors FC 2-0, Semen Padang Juara Grup E


Singapura - Wakil Indonesia Semen Padang dipastikan lolos ke babak berikutnya sebagai juara grup setelah memenangi laga kelimanya di kandang klub Singapura, Warriors FC.

Pada pertandingan di Stadion Jalan Besar, Rabu (23/4/2013) malam, tim juara Indonesian Premier League (IPL) musim lalu itu menang dengan skor 2-0. Kedua gol dicetak oleh penyerang asal Liberia, Edward Wilson Junior di masing-masing babak.

Kemenangan ini menjadikan Semen Padang kokoh di puncak klasemen Grup E dengan nilai 13. Dari lima laga mereka menang empat kali dan tidak kalah.

Walaupun menyisakan satu pertandingan, yakni melawan Churchill Brothers di Padang (1/5), namun tim berjulukan 'Kabau Sirah' itu dipastikan finis sebagai juara grup. Sebabnya, tim peringkat kedua saat ini, Kitchee (Hong Kong), baru mengantongi 9 poin dari lima laga -- maksimal 12 jika menang di laga terakhirnya melawan Warriors.

Dengan demikian Indonesia masih punya wakil di turnamen ini setelah wakil lainnya, Persibo Bojonegoro, dipastikan tersingkir setelah kalah lagi di partai kelimanya di Grup F, dengan skor 1-7 dari Yangon United di Solo.

Jalannya pertandingan

Warriors mencoba menguasai bola sejak kickoff, mengarahkan serangan melalui kedua sayap dengan kombinasi dari tengah. Upaya pertama dilakukan di menit keenam, tapi tembakan Shukor bin Zailan melambung.

Berselang tiga menit kemudian, sebuah peluang emas diperoleh Mislav Karoglan. Namun sundulan bebas penyerang bernomor punggung 9 itu melesat melewati mistar gawang Semen Padang.

Tim tamu membuat shot pertamanya di menit ke-11, tapi sepakan Esteban Vizcarra dapat dimentahkan kiper Hassan bin Abdullah Sunny.

Sampai saat itu Warriors lebih menguasai permainan walaupun serangan-serangannya belum membahayakan. Adapun Semen Padang mengandalkan serangan balik melalui umpan-umpan langsung ke wilayah permainan lawan, berharap pada kecepatan duet penyerang Titus Bonai dan Edward Wilson.

Tempo permainan sedikit meningkat selepas menit 15. Semen Padang mulai bermain lebih berani dengan melakukan variasi serangan dari lini tengah, yang dikomandoi Vizcarra dan Vendry Mofu.

Di menit 18 Vendry Mofu mendapatkan ruang tembak di depan kotak penalti Warriors. Tendangan kerasnya meluncur mengarah ke gawang, tapi mengenai tiang. Tibo berhasil me-rebound dan menceploskan bola ke jala, tapi ia dinyatakan offside.

Permainan semakin seru, peluang lebih banyak tercipta. Di menit 25 penyerang Warriors, Sufian Anuar, menyia-nyiakan peluang terbaiknya, ketika sundulan bebasnya tidak tepat sasaran, walaupun kiper Jandia Eka Putra sudah out of position.

Kesempatan berikutnya Warriors adalah di menit 31. Dari kesalahan Ellie Aiboy, Zulfadli bin Zainal Abidin menyisir sayap kiri dan melakukan penetrasi ke kotak penalti. Karoglan berhasil menyambar umpan silang dari rekannya itu, tapi Jandia melakukan penyelamatan gemilang.

Ellie membayar kesalahannya itu dengan sebuah aksinya di menit 32. Dari depan kotak 16 meter ia melepaskan tembakan kaki kiri, tapi bola menerpa mistar gawang. Tiga menit kemudian giliran Warriors yang menekan, dan tendangan jarak dekat Shukor juga membentur tiang.

Semen Padang menyerang lagi di menit 39, dan akhirnya memperoleh gol. Menerima umpan dari tengah lapangan, Wilson berhasil memperdaya dua bek tengah Warriors dan dengan mudah menaklukkan kiper Hassan bin Abdullah Sunny. Skor berubah 1-0.

Pasukan 'Kabau Sirah' nyaris menggandakan keunggulannya tak lama kemudian melalui tembakan Mofu dari jarak dekat, namun digagalkan Hassan.

Unggul satu gol membuat Semen Padang tampak semakin percaya diri dalam memulai babak kedua. Dalam waktu tiga menit Tibo dua kali melakukan tembakan ke arah gawang, tapi hasilnya belum maksimal.

Di menit 60 lahir gol kedua untuk Semen Padang. Aksi Tibo di sisi kanan pertahanan lawan diiikuti Wilson yang menempatkan dirinya dalam posisi yang baik. Crossing datar Tibo dapat disontek Wilson di mulut gawang dan Warriors FC kebobolan lagi.

Tertinggal dua gol membuat Warriors mencoba bangkit dan berusaha lebih menekan pertahanan tamunya. Akan tetapi serangan-serangan mereka sulit sampai ke kotak penalti Semen Padang, kecuali sebuah tembakan Marin Vidosevic yang masih bisa diblok kiper Jandia.

Semen Padang juga memiliki beberapa kesempatan lain untuk memperbesar kemenangannya. Namun shot on goal dari Tibo dan juga Vendry Mofu tidak berhasil mengubah skor.

Sampai pertandingan selesai kedudukan tetap 2-0 untuk kemenangan Semen Padang.

Klasemen Grup E
TimMainMenangSeriKalahGolKebobolanSelisih GolPoin
1. Semen Padang5410125+713
2. Kitchee5302137+69
3. Churchill Brothers5113510-54
4.Warriors5104412-83


s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar