Featured Video

Jumat, 05 April 2013

Solo, Tuan Rumah Pertemuan ASEAN Blogger

Solo, Tuan Rumah Pertemuan ASEAN Blogger



Surakarta - Kota Surakarta atau dikenal dengan Kota Solo didaulat menjadi tuan rumah pertemuan ASEAN Blogger pada 10-12 Mei mendatang. Kota itu terpilih karena adanya Keraton Surakarta yang memiliki keterkaitan sejarah dengan Kerajaan Majapahit. 


Keraton Surakarta yang masih berdiri hingga kini adalah pecahan dari Kerajaan Mataram. Mataram merupakan bagian dari Kerajaan Demak. Sedangkan Kerajaan Demak pecahan dari Majapahit. 

"Kerajaan Majapahit yang memiliki kekuasaan hingga ke beberapa negara Asia Tenggara ini menunjukkan bahwa sesama negara Asia Tenggara ada hubungan sejarah persaudaraan," kata Kepala Seksi Jaringan Informatika dan Informasi Publik Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta, Taufan Redina, Rabu, 3 April 2013.

Kegiatan pertemuan ASEAN Blogger akan dihadiri 250 peserta dengan 50 orang perwakilan dari berbagai negara di Asia Tenggara. Kegiatan dalam pertemuan ASEAN Blogger selama di Solo, antara lain, seminar dan pelatihan menjadi blogger. Selain itu, ada agenda kunjungan ke beberapa obyek wisata di sekitar Surakarta, seperti Candi Sukuh, situs manusia purba di Sangiran, Keraton Kasunanan Surakarta, dan pergelaran Mangkunegaran Performing Art yang diselenggarakan pada 10-11 Mei 2013 di Pura Mangkunegaran.

Taufan mengatakan, tujuan para blogger diajak berkunjung ke berbagai obyek wisata agar nantinya blogger ikut mempromosikan obyek wisata di Solo. "Hasil kunjungan ke obyek wisata dapat menjadi bahan tulisan blogmereka," katanya.

General Manager PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Jawa Tengah Wilayah Timur dan Selatan, Hafif Rachmat Isna, mengatakan, perusahaannya mendukung pelaksanaan ASEAN Blogger. "Kami menyiapkan titik akses Wi-Fi di pusat penyelenggaraan acara di Kusuma Sahid Prince Hotel dan Taman Balekambang," ujar Hafif. 

Telkom akan memasang Wi-Fi di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, mulai kawasan Purwosari hingga bundaran Gladag. Para peserta dapat mengakses Internet secara cuma-cuma ketika berada di ruang publik dengan kecepatan sekitar 2-10 Mbps. Sebanyak 750 titik Wi-Fi akan dipasang melengkapi 400 titik yang sudah terpasang sebelumnya. "Sehingga ada 1.250 titik Wi-Fi untuk mendukung penyelenggaraan ASEAN Blogger," kata Hafif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar