Featured Video

Sabtu, 18 Mei 2013

Musik Tradisi Minangkabau Terbaik di Indonesia


Komposer dituntut mampu menciptakan musik yang dapat mengubah selera pasar. Seperti musik tradisi Minangkabau yang ter­nyata memiliki komposisi mu­sik terbaik di Indonesia. Untuk itu, musik tradisi perlu diang­kat kembali dan komposer-kom­poser muda harus dilahirkan.


“Anak muda cenderung menganggap musik luar itu hebat. Padahal, musik kita diakui memiliki komposisi terbaik di Indonesia pada 2012 lalu,” kata Kepala Taman Buda­ya Sumbar, Muasri di sela-sela workshopkom­posisi musik berbasis tradisi yang dilaksa­nakan di Galeri Ta­man Budaya, Padang, sejak Ka­mis (16/5) hingga hari ini (18/5).

Disebutkannya, Minang kaya dengan beragam musik. Setiap daerah memiliki seni khas musik daerah setempat. Sayang­nya, kreativitas untuk seni tradisi menurun dalam lima tahun terakhir. Generasi muda, lebih mengidolakan musik asing.

“Meskipun semangat itu telah kendor, kita harus terus berusaha agar anak muda men­cintai musik tradisi. Jika ada seratus orang yang mencintai musik asing, setidaknya 20 orang kita usahakan cinta musik tradi­si,” terang Muasri di ruang tamu Galeri Taman Budaya, Padang.

Dalam workshop itu, pe­serta disuguhi beragam materi. Di antaranya, bagaimana mela­hirkan inspirasi, konsep-kon­sep dalam meformulasikan ide. Ter­ung­kap di sana, hal terpen­ting da­lam menggagas ide bu­kan per­soa­lan baik dan buruk­nya ide. Te­tapi kenapa memilih ide tersebut.

Workshop dihadiri ma­hasiswa dan pelajar di beberapa sekolah di Padang. Ada yang dari Teater UK-Kes UNP, IB IAIN, UPI, Sanggar Indojati, Teater nan Tumpah dan sen­dratasik UNP. Ada juga dari SMK N 7 Padang, Teater Imaji dan RK Serunai. 



s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar