Featured Video

Kamis, 19 September 2013

JARI PUTUS DIGIGIT KUDA, TUMBUH LAGI BERKAT BABI


Paul Halpern harus berterima kasih kepada babi dan dr Eugenio Rodriguez yang menyelamatkannya dari amputasi. Jari telunjuk Paul yang semula harus diamputasi karena digigit kuda, kini bisa tumbuh berkat inovasi dari dr Eugenio. Dokter asal Florida ini menumbuhkan kembali jari Paul dengan bantuan kantung kemih babi.

Dilansir laman Daily Mail, Selasa, 17 September 2013, dokter ini ber­hasil menumbuhkan sel jari, tulang, jaringan lunak, bahkan kuku Paul yang sebelumnya putus karena digigit kuda saat si kuda diberi makan.
Sementara dokter lainnya me­mutuskan untuk melakukan am­putasi, tapi dr Eugenio justru menyarankan Paul mencoba teknik baru yang dikembangkannya. Meng­gunakan bubuk yang terbuat dari kantung kemih babi, dr Eugenio menumbuhkan kembali sepertiga jari telunjuk Paul yang hilang. Jari itu kemudian dilekatkan kembali dengan bagian dari jari telunjuk yang tersisa. Hasilnya pun cukup memuaskan. Meski tak terlihat sesempurna sebelumnya, tapi jari Paul terlihat lebih baik.
Dr Eugenio mengklaim, ia adalah orang pertama yang berhasil menerapkan prosedur yang dikenal dengan nama implantasi xenograph. Dengan bantuan sel babi, sel-sel tubuh bisa tumbuh kembali.
“Sel babi akan merangsang tubuh untuk menarik sel induk. Dan sel induk akhirnya mulai mem­produksi jaringan yang hilang,” tutur dr Eugenio.
Ia berharap ini bisa menjadi gerbang awal untuk menyembuhkan pasien dengan luka yang sangat parah di kemudian hari.

S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar