Featured Video

Sabtu, 19 Oktober 2013

Di Phillip Island Besok, Rider MotoGP Diwajibkan Pit-stop

AFP/SAEED KHAN
Phillip Island - Kondisi cuaca di Australia sedang tak menentu mempengaruhi kondisi sirkuit Phillip Island. Alhasil seluruh rider MotoGP diwajibkan melakoni pit-stop untuk mengganti motor mereka karena faktor keamanan.

Seperti dilansir CrashRace Direction mengumumkan hal ini usai sesi kualifikasi MotoGP Australia, Sabtu (19/10/2013) siang WIB, seiring problem yang dihadapi sebagian besar pebalap pada ban motor mereka.

Dengan balapan selama 26 lap, ban diprediksi akan overheat karena lintasan di Phillip Island baru saja "dipermak". Maka dari itu seluruh pebalap diwajibkan untuk mengganti motor mereka sebelum lap ke-14.

Aturan pit-stop sebenarnya diperbolehkan di MotoGP namun jarang digunakan jika tidak dalam kondisi yang memaksa seperti lintasan yang tiba-tiba basah atau kering.

"Kami sudah diberitahu oleh Bridgestone bahwa mereka tidak mampu menjamin ketahanan ban depan bertipe basah mereka di atas 14 lap, tapi untuk kasus ini pebalap bisa mengganti dari ban basah ke ban basah lagi yang harus dilakukan di bawah 14 lap dengan satu set ban," demikian pernyataan resmi Race Direction.

"1. Balapan akan tetap berlangsung selama 26 lap.

"2. Setiap pebalap diwajibkan masuk ke pit dan mengganti ke motor kedua mereka dengan satu set ban baru setidaknya sekali saat balapan
"3. Tidak ada rider yang diizinkan memakai satu set ban basah lebih dari 14 lap. Ini berarti bahwa motor/ban harus diganti sebelum lap 12 akan membutuhkan pergantian motor/ban untuk menyelesaikan balapan.

"4. Pebalap "pabrikan" dan "tim satelit" akan bisa menggunakan opsi ban "keras" (B51DR). Penambahan jumlah ban akan dialokasikan oleh Bridgestone.

"5. Pebalap CTR akan menggunakan ban "keras" CRT (B50DR). Penambahan jumlah ban akan dialokasikan oleh Brigdestone.

"6. Zona Batas kecepatan akan diperpnjang baik di tempat masuk dan keluar, dan akan ada garis putih di pintu keluar untuk kembali ke lintasan. Melintasi garis itu akan dikenakan penalti."

Untuk balapan Moto2 dan Moto3 sendiri akan dipangkas menjadi hanya 13 lap - setelah sebelumnya 26 lap --. Di balapan besok, Jorge Lorenzo start terdepan disusul Marc Marquez dan Valentino Rossi.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar