Featured Video

Senin, 28 Oktober 2013

Indonesia Dikalahkan Korea di Final

PP PBSI
 Tim bulutangkis junior Indonesia yang berlaga di BWF World Junior Championships 2013 gagal membawa pulang gelar juara. Pada partai final beregu, Indonesia ditaklukkan Korea dengan skor 2-3.

Dalam pertandingan yang digelar Minggu (27/10/2013) di Bangkok, Thailand, Indonesia membuka pertandingan dengan meraih poin pertama dari pasangan ganda campuran Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin. Mereka mengalahkan Juara Asia Junior 2012, Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung, 21-19, 21-16.

"Kami bermain nothing to lose. Kami menang start dan lawan jadi tertekan dan mainnya tidak enak. Kami juga langsung menerapkan permainan menyerang dan tidak main lob," ujar Kevin yang ditemui usai pertandingan.

Korea kemudian menyamakan kedudukan di partai kedua. Jonatan Christie yang turun di nomor tunggal putra harus mengakui keunggulan Jeon Hyuk Jin, 16-21, 19-21.

Indonesia kembali unggul usai memenangi partai ketiga. Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Arya Maulana Aldiartama menang atas Choi Sol Kyu/Heo Kwang Hee, 21-16, 22-20.

Suasana makin menegangkan saat Korea kembali mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Hanna Ramadini yang turun di partai keempat kalah dari Kim Hyo Min, 15-21, 18-21.

Di partai penentuan, pasangan ganda putri Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Mapasa gagal meraih kemenangan. Mereka dikalahkan Chae Yoo Jung/Kim Ji Won dua gim langsung, 18-21, 11-21
"Harus diakui kalau lawan memang lebih baik. Mereka adalah anggota timnas Korea yang sudah sering latihan bersama-sama, sementara Rosyita/Setyana hanya beberapa bulan berpasangan. Pasangan kita juga kurang komunikasi," kata Rudi Gunawan Haditono, pelatih ganda putri.

"Selain itu, semoga hasil ini menjadi pertimbangan untuk PBSI, agar tim junior lebih dipersiapkan bersama-sama di dalam timnas," tambahnya.

Dengan demikian, Indonesia gagal membawa pulang gelar di ajang yang juga dikenal sebagai Piala Suhandinata itu. Para pemain Indonesia kemudian akan melanjutkan perjuangan di nomor perorangan yang akan digelar 29 Oktober-3 November di Bangkok.

"Tim junior tampil antiklimaks. Kalau dilihat, peak-nya agak turun dibanding dengan kemarin melawan China. Tetapi ini hal yang biasa, mereka bukan mesin. Sebetulnya kuncinya di tunggal putra, kalau tadi Jonatan menang, pasti peluang kami lebih besar," kata Nusron Wahid, Chef de Mission Tim Indonesia yang dijumpai di Stadion Huamark.

"Namun hasil ini sudah lebih baik dari tahun lalu. Kami sudah berusaha maksimal, tidak usah menyesali hasil ini, masih ada kesempatan di nomor perseorangan," ujarnya dalam rilis yang diterima.

Hasil final BWF World Junior Championships 2013 :

Ganda Campuran
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin vs Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung
21-19, 21-16
Tunggal Putra
Jonatan Christie vs Jeon Hyuk Jin 16-21, 19-21

Ganda Putra
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Arya Maulana Aldiartama vs Choi Sol Kyu/Heo Kwang
Hee 21-16, 22-20

Tunggal Putri
Hanna Ramadini vs Kim Hyo Min 15-21, 18-21

Ganda Putri
Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Mapasa vs Kim Ji Won/Chae Yoo Jung 18-21,
11-21
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar