Featured Video

Minggu, 27 Oktober 2013

Marquez vs Lorenzo Lanjut Sampai Seri Terakhir

REUTERS/Toru Hanai
 Siapa yang akan menjadi juara dunia MotoGP musim ini baru akan diketahui di seri terakhir, Valencia dua pekan mendatang. Marc Marquez atau Jorge Lorenzo?

Ini terjadi setelah Lorenzo memenangi seri Jepang di Motegi, Minggu (27/10) siang WIB, dengan mengungguli Marquez yang finis di posisi kedua. Dani Pedrosa finis di posisi ketiga yang sekaligus mengakhiri peluangnya menjadi juara dunia, karena cuma 280 poin.

Dengan begini, Lorenzo mengumpulkan 305 poin dan berselisih 13 angka dari Marquez (318 poin) yang berada di posisi puncak. Penentuan gelar juara pun harus dilakukan pada 10 November saat MotoGP menghelat balapan terakhirnya musim ini di sirkuit Riccardo Tomo di Valencia.

Marquez bisa menjadi juara dunia di musim debutnya dengan minimal finis di posisi keempat dan tak terpengaruh apapun hasil Lorenzo di Valencia. Sementara itu Lorenzo mau tak mau harus memenangi balapan sambil berharap Marquez finis di luar empat besar.

Jalannya Balapan

Begitu lampu hijau menyala, Lorenzo langsung tancap gas dan mempertahankan posisi terdepan. Lalu posisi Marquez menurun ke posisi ketiga usai disalip Valentino Rossi yang langsung melesat ke urutan kedua di tikungan pertama.

Satu lap kemudian Rossi melakukan kesalahan saat terlalu menikung terlalu lebar yang membuat Marquez dan Pedrosa dengan mudah menyalipnya. Lorenzo kini diburu dua pebalap Honda.
Bahkan di lap ketiga posisi Rossi turun drastis ke urutan ke-10 karena motornya memasuki gravel. Lorenzo masih memimpin balapan dengan selisih 0,645 detik dari Marquez di posisi kedua.

Sepuluh lap berlalu, Lorenzo masih mempertahankan posisi terdepan dari kejaran Marquez dan Pedrosa. Selisih waktu Lorenzo dengan Marquez di posisi kedua adalah 0,4 detik. Balapan pun berlangsung dengan sengit.

Di lap ke-14 Lorenzo dan Marquez cuma berjarak sejengkal di mana Marquez nyaris masuk dari sebelah kanan Lorenzo, tapi pebalap Yamaha itu mampu menjaga posisinya.

Dua lap setelahnya Lorenzo sedikit melebarkan jarak dengan Marquez menjadi 0,54 detik. Satu lap sebelumnya Marquez sedikit melebar sehingga Lorenzo sempat menjauh dari kejaran rivalnya itu.

Di lap 17 Lorenzo melebarkan jarak menjadi 1,128 detik dari Marquez yang sempat melebar saat belok di tikungan 11. Sementara Pedrosa aman di posisi ketiga.

Lorenzo terus melebarkan jarak dari Marquez dari lap ke lap, sementara Marquez terlihat bermain aman demi menjaga posisinya di puncak klasemen.

Hingga akhirnya Lorenzo jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis, disusul Marquez, Pedrosa, Alvaro Bautista dan Stefan Bradl.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar