Featured Video

Jumat, 18 Oktober 2013

Tertarik Teluk Bungus dan Terowongan Pegambiran


Pemerintahan Suzhou City, People’s Republic of China, Kamis kemarin, merespon kembali kunjungan Walikota Padang Dr. Fauzi Bahar bersama rombongan pengusaha yang dipimpin Tuako Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Pusat, Padang, Andreas Sofiandi, Juni lalu ke kota itu, untuk kedua kalinya.

sSebulan yang lalu, Walikota Suzhou, mengirim tim teknis untuk menggagas kemungkinan investasi di Padang. Kemarin sudah sampai pula di Padang, rombongan tim survey tersebut.
Dipimpin MR. Yu Jiasheng (Construction Group – Director), MR. Wang Weiwang (Construction Group – Section Chief / Interpreter ), MR. Wen Qingquan (Construction Group – Director), MR. He Tao (Vice Chairman of Suzhou Overseas Chinese Chambet of Commercial & Legal Representative), MR. He Kun (Suzhou Representative), Mrs. Le Kuan (Translater & Interpreter) dan Mrs. Bebby Chandra (International Business Advisor).
Hasil kunjungan rombongan itu kemarin semakin fokus, yaitu berminat investasi pembangunan pelabuhan samudra Bungus dan terowongan Pegambiran-Bungus.
Rombongan disambut di Bandara Internasional Minangkabau oleh Uda dan Uni Kota Padang, Asisten II Didi Ariadi, dan Kepala BKD Padang, Asnel.
Rombongan ini ke Padang tertarik oleh tawaran Walikota Padang, untuk membangun pelabuhan Samudera Bungus, Terowongan Bungus – Pegambiran sepanjang 3,7 Km. Calon investor dari China ini juga tertarik dengan rencana pembangunan terowongan jalan raya dan jalan kereta api dari Limau Manis ke Solok.
Namun menurut Mr. Yu Jiasheng, masih perlu menyusun program yang sangat rinci tentang rencana ini, termasuk teknis dan anggarannya. Namun kepada Walikota Padang Fauzi Bahar, disampaikannya, rencana pembangunan pelabuhan dan terowongan itu, adalah pekerjaan yang sangat mungkin dilaksanakannya.
Menurut Walikota Padang, Pelabuhan Bungus ini sangat mendesak dibangun untuk kapal-kapal besar. Ini untuk mendukung gerakan penambangan seperti batubara dan pasir besi serta untuk pelabuhan ekspor hasil bumi Sumatra Barat.
Untuk melabuhan juga perlu didukung oleh terowongan guna menampung kendaraan ke dan dari pelabuhan dari arah Baypass yang semakin banyak. Sedangkan untuk membawa hasil-hasil tambang dari bahagian Timur Sumatra Barat, melalui Solok, jalan yang ada sekarang tidak memadai. Perlu dibangun terowongan untuk jalan tol serta jalan kereta api Solok-Padang. Infrastruktur itulah yang menurut Fauzi Bahar, yang akan mampu mendukung peranan pelabuhan Samudera Bungus.
Rombongan ini menurut rencana akan berada di Padang, sampai hari Sabtu besok. Walikota sangat berharap, ada hasil konkret dari kunjungan investor ini.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar