Featured Video

Kamis, 07 November 2013

Final di Valencia: Marquez atau Lorenzo?

Mirco Lazzari/Getty Images
 Ini adalah babak final, pertandingan terakhir yang bakal menentukan siapa di antara dua kandidat yang bakal menjadi juara. Siapa didukung publik Spanyol: Marc Marquez atau Jorge Lorenzo?

Itulah yang akan tersaji di seri pamungkas MotoGP musim 2013 ini, yang akan dihelat di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada akhir pekan ini.

Sekadar pembanding, musim lalu titel juara diraih Lorenzo di seri ke-17 dari total 18 balapan. Ia mengamankan gelar itu setelah finis nomor dua di Phillip Island, Australia, di belakang Casey Stoner. Di situ, rival utamanya Dani Pedrosa terjengkang dari sepeda motornya dan out.

Nah, tahun ini Lorenzo harus bertarung sampai seri penghabisan. Kali ini lawannya juga kompatriot Spanyol-nya, tapi statusnya adalah rookie. Ya, Marquez telah menjadi sensasi dan fenomena tersendiri bagi dunia MotoGP.

Sudah bisa juara di seri kedua di Austin (Amerika Serikat), Marquez tiba-tiba menjadi pebalap yang sangat diperhitungkan. Kecuali di Mugello (out) dan Phillip Island (diskualifikasi), ia selalu finish di atas podium.

Catatan kemenangannya pun luar biasa, 6 dari 17 balapan. Angka itu telah menjadikan Marquez sebagai pebalap yang paling sering menang di musim pertamanya di kelas primer grand prix.

Jika bisa mengalahkan Lorenzo hari Minggu (10/11) besok -- bahkan sesungguhnya cukup finis di peringkat keempat --, ia akan menjadi pebalap pertama dalam 35 tahun, yang menjadi juara dengan status rookie. Terakhir kali ada rider debutan yang membuat prestasi itu adalah Kenny Roberts di tahun 1978
Bagaimana kans Lorenzo? Walaupun dalam posisi tertinggal 13 poin, tetap saja ia memiliki peluang untuk mempertahankan gelarnya. Apalagi di dua seri terakhir ia juga selalu bisa mengalahkan Marquez (dan jadi juara), walaupun rivalnya itu selalu pula menguntitnya.

Masalah buat Lorenzo adalah, 13 poin sangatlah besar. Jikapun ia menang di Valencia nanti, syarat lain yang ia butuhkan untuk juara adalah bagaimana supaya Marquez tidak bisa mencapai minimal finis di posisi keempat.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar