Featured Video

Sabtu, 08 Februari 2014

Hungaria Incar Pecatur Berbakat Indonesia

Hungaria Incar Pecatur Berbakat Indonesia
Dunia percaturan Indonesia siap-siap gigit jari. Jika tidak memberikan perhatian khusus, Indonesia terancam kehilangan seorang pecatur muda berbakat.

Sean Winshand Cuhendi, pecatur muda berbakat besar, beberapa bulan terakhir tidak berada di Tanah Air, melainkan di Hungaria. Selama Juli hingga Desember 2013, pemuda berumur 16 tahun berlatih dan mengikuti sejumlah turnamen, untuk mengembangkan kemampuannya memainkan bidak catur.
Selama tujuh bulan berada di Hungaria, Winshand berhasil menjuarai lima dari 13 turnamen yang diikuti. Dalam kurun waktu itu juga, Winshand berhasil menaikkan rating Elo-nya.
Sebelum bertolak ke Hungaria, rating Winshand hanya 2186. Sepulangnya dari Hungaria, rating Elo-nya menembus 2.364. Artinya, Winshand hanya butuh 136 poin lagi untuk menyandang gelar grandmaster.
Dengan beragam prestasinya, Winshand bisa menjadi batu emas bagi Indonesia di masa mendatang. Namun, tanpa perhatian khusus, Indonesia bisa kehilangan Winshand. Dia mengaku ada dua klub yang menawarinya bergabung. Selain itu, ada rencana mereka untuk mengubah kewarganegaraan Winshand.
“Biaya sampai jadi GM ditanggung mereka, tapi saya tolak,” ungkap Winshand ketika berbincang dengan Tribunnews.com, Kamis (6/2/2014).
Selama ini, Indonesia baru memiliki tujuh grandmaster. Mereka antara lain Utut Adianto, Edhi Handoko, Cerdas Barus, Ruben Gunawan (Almarhum), Ardiansyah, Susanto Megaranto (Grandmaster termuda), dan Herman Suradiradja (Grandmaster pertama). Winshand berpeluang menjadi grandmaster kedelapan yang dimiliki Indonesia. Sayangnya, perhatian dari pemerintah Indonesia masih minim. (*)
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar