Featured Video

Kamis, 05 Juni 2014

Inilah Lima Strategi Argentina di Piala Dunia

Timnas Argentina
  | Source :EPA
Argentina bukan hanya sebatas Lionel Messi. Skuat Albiceleste ini sesungguhnya masih memiliki dua senjata pamungkas yang juga memiliki talenta besar, yakni Gonzalo Higuain dan Sergio Aguero.


Messi, Higuain, dan Aguero inilah yang tentunya akan menjadi pilihan utama di lini depan bagi pelatih Alejandro Sabella pada Piala Dunia 2014 di Brasil mendatang.

Dengan kemampuan dan kualitas pemain-pemainnya maka diperkirakan akan ada lima strategi yang bisa diterapkan oleh Sabella untuk bersaing di Piala Dunia. Berikut lima strategi dari skuat Albiceleste.
Pertama, trio Monster itu bakal bahu membahu mengobrak-abrik lini pertahanan lawan dalam balutan formasi 4-3-3. Tentu formasi tersebut akan tetap memperhatikan keseimbangan antara lini pertahanan dan lini depan. Angel Di Mari diyakini akan menempati posisi sentral bagi timnas Argentina. Ia akan beroperasi dari sisi kiri.

Sejauh ini, Sabella dikenal juga sebagai pelatih yang mengusung dua filosofi sepak bola khas Argentina. Di satu pihak, Argentina bakal "all out" menyerang sebagaimana pakem pelatih Menotti (Menottistas).

Di lain pihak, Argentina bakal tampil lebih pragmatis dengan berkonsentrasi pada lini pertahanan sebagaimana dikomando oleh pelatih Bilardo (Bilardistas), sebagaimana dikutip dari laman Guardian.
Kedua, Albiceleste akan banyak mengeksplorasi talenta dalam diri Messi, terutama ketika melakukan permainan agresif menyerang.
Sayangnya, di skuat timnas ini Messi tidak mendapat sokongan dari sosok semacam Xavi dan Andres Iniesta yang sudah sangat paham kebutuhan Messi di Barcelona. Tentunya ini akan menjadi pekerjaan rumah buat Sabella mencarikan siapa yang bisa memainkan peran layaknya Xavi dan Iniesta di Barca.

Ketiga, Argentina akan mengadopsi formasi 4-3-3 dengan Messi mengambil posisi sebagai "false nine", sebagaimana diperankan selama ia berada di Camp Nou -- markas dari klub Barcelona. Di sini, Gonzalo Higuain dan Sergio Aguero akan membantu La Pula dari sisi sayap. Sementara Angel Di Maria menempati posisi gelandang.

Keempat, di lini pertahanan, Javier Mascherano bakal berperan vital dengan menjalin tembok pertahanan bersama dengan Ezequiel Garay dan Federico Fernández.

Kelima, Argentina banyak diberi pemain multi talenta dengan kemampuan visi bermain yang di atas rata-rata. Mereka rata-rata dibekali kemampuan mengoper dan mengumpan yang mumpuni. Ini ditambah dengan rotasi pemain yang mulus layaknya sebuah putaran mesin.

Dan para pemain Albiceleste rata-rata termotivasi meraih trofi Piala Dunia. Hanya saja lini pertahanan perlu mendapat perhatian ekstra. r

Tidak ada komentar:

Posting Komentar