Featured Video

Minggu, 11 Oktober 2015

Rossi: Ketika Dani Mendekat, Saya Sangat Khawatir

AFP PHOTO/KAZUHIRO NOGI
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi (tengah), dan pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, merayakan hasil finis pertama dan kedua pada balapan GP Jepang di atas podium Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (11/10/2015).

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, finis di urutan kedua pada balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (11/10/2015). Dia finis di belakang Dani Pedrosa (Repsol Honda), dan sebelum rekan satu timnya, Jorge Lorenzo.
Finis kedua memberinya tambahan 20 poin yang sangat penting. Rossi kini memimpin klasemen dengan 283 poin, unggul 18 angka atas Lorenzo. Musim ini menyisakan tiga balapan yang berarti ada 75 poin maksimal yang masih bisa dikejar satu pebalap.
"Balapan tadi sangat sulit, terutama pada saat-saat akhir, dan secara mental saya sangat tertekan untuk mengontrol motor karena ban yang mulai habis, dan kondisinya setiap waktu semakin sulit," kata Rossi, usai balapan.
Rossi mengawali balapan di Motegi dengan bagus. Start dari posisi kedua, dia sempat memimpin meskipan tak lama kemudian terlewati Lorenzo. Dia bertahan di posisi kedua hingga Pedrosa mulai mendekat dan akhirnya melewatinya pada lap ke-16.
"Ketika Dani mendekat saya sangat khawatir karena dia bisa mengalahkan saya, tetapi saya tidak tahu apakah dia bisa melewati Jorge. Jadi, kehilangan sembilan poin seperti di Aragon akan sulit untuk perburuan gelar juara dunia. Saya mencoba mengikuti Dani karena kecepatannya bagus," aku pebalap Italia tersebut.
Pedrosa akhirnya berhasil melewati Lorenzo dan memimpin balapan. Dua putaran kemudian, Rossi juga melewati Lorenzo dan naik ke posisi kedua. Pedrosa dan Rossi bertahan di posisi dua tercepat hingga finis.
Rossi mengaku mengalami masalah dengan ban, sama dengan Jorge. Namun, kerusakan ban Rossi tidak separah Lorenzo sehingga masih bisa mempertahankan kecepatan yang akhirnya menguntungkannya.
"Jadi, meraih 20 poin ini sangat penting untuk kejuaraan, dan tambahan empat poin keunggulan merupakan pencapaian yang bagus," kata pebalap 36 tahun tersebut. Sebelum GP Jepang, Rossi unggul 14 angka atas Lorenzo.
Persaingan para pebalap akan berlanjut akhir pekan depan di Sirkuit Phillip Island, Australia.