Featured Video

Minggu, 30 Oktober 2016

Rossi Kunci Runner-up Musim Ini



Andrea Dovizioso memenangi balapan basah di MotoGP Malaysia. Finis kedua bagi Valentino Rossi sudah cukup untuk mengunci posisi runner-up musim ini.


Balapan di Sirkuit Sepang, Minggu (30/10/2016) siang WIB, berlangsung dalam kondisi lintasan yang basah. Di lap pertama terjadi beberapa kali pergantian pemimpin balapan dari mulai Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Andrea Iannone.

Pertarungan lantas menyisakan Rossi dan Iannone sampai kemudian nama kedua terjatuh. Rossi gagal memaksimalkan keuntungan itu karena dia justru disalip Dovizioso yang berhasil mendapat kemenangan pertamanya musim ini.

Untuk pertama kalinya MotoGP memunculkan sembilan pemenang berbeda. Marquez yang finis di luar 10 besar karena terjatuh masih memimpin klasemen dengan 275 poin. Rossi dengan 236 poin berhasil mendapat gelar runner-upmusim ini, karena selisih 28 poin tak mungkin dikejar Lorenzo (208 poin) pada seri terakhir di Valencia dua pekan mendatang.

Dovizioso sendiri naik ke posisi kelima klasemen dengan 162 poin, menggeser Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow.

Jalannya Balapan

Balapan akhirnya dimulai menjelang pukul 14.30 WIB setelah sempat tertunda sejam setengah karena lintasan yang basah diguyur hujan. Selepas start, Lorenzo yang start di posisi ketiga langsung mengambil alih pimpinan balapan.

Tapi, Lorenzo hanya bertahan sebentar di posisi terdepan karena Marc Marquez menyalipnya. Lalu Rossi memimpin di tikungan ke-14 dan Lorenzo malah melorot ke posisi keenam.

Salip-menyalip terjadi antara beberapa pebalap sampai Andrea Iannone memimpin balapan di lap kedua dibuntuti Rossi, Andrea Dovizioso, Marquez, dan Lorenzo.

Di lap kelima Lorenzo turun ke posisi keenam usai disalip Cal Crutchlow. Sementara Rossi masih setia membuntuti Iannone di posisi kedua. Sempat terjadi salip-menyalip di antara keduanya di tikungan ke-9 dan ke-10.

Masuk di lap keenam, Rossi mengambil alih pimpinan balapan usai menyalip Iannone di tikungan pertama. Di posisi ketiga ada Dovizioso yang disusul Crutchlow, Marquez, dan Lorenzo.

Lap demi lap berlalu, Rossi masih terlibat duel seru dengan Iannone untuk memperebutkan posisi pertama. Di lap ke-11, Rossi berhasil melepaskan diri dari kejaran Iannone dan Dovizioso.

Marquez lagi-lagi bernasib sial. Seperti di Australia pekan lalu, pebalap Repsol Honda itu terjatuh di tikungan ke-11. Namun kali ini Marquez masih bisa melanjutkan balapan di posisi ke-15.

Rossi masih nyaman memimpin balapan diikuti Dovizioso dan Iannone. Lorenzo memanfaatkan terjatuhnya dua pebalap di depannya untuk berada di posisi keempat.

Di lap ke-13 giliran Iannone yang terjatuh di tikungan dan kini tinggal Dovizioso yang mengejar Rossi.

Satu lap setelahnya Rossi kehilangan posisi terdepan setelah melebar di tikungan pertama dan Dovizioso dengan mudah menyalipnya.

Dovizioso terus melebarkan jarak dengan Rossi di posisi kedua sementara Lorenzo nyaman di posisi ketiga. Sampai akhirnya Dovizioso jadi pebalap pertama yang melintasi garis finis diikuti Rossi dan Lorenzo.

Ini adalah pertama kalinya Dovizioso menang musim ini sementara podium kedua di balapan ini sudah cukup mengantarkan Rossi mengunci gelar runner-up musim 2016 di bawah Marquez.

Hasil Balapan MotoGP Malaysia


Dovizioso Menang di Sepang, Rossi Kunci <i>Runner-up</i> Musim Ini