Featured Video

Selasa, 14 Juni 2011

Hutan Sumbar Terbaik di Sumatra


Selasa, 14 Juni 2011 01:21
PASAMAN, HALUAN — Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan memberikan apresiasi kepada Sumatera Barat yang kondisi hutannya dinilai terbaik di Sumatera, karena kerusakannya sedikit.
“Hutan di Sumbar terbaik di Sumatera karena kerusakannya masih sedikit, berkat kesadaran masyarakat tinggi dalam melestarikan lingkungan,” kata Zulkifli Hasan di Pasaman Sumatera Barat, Senin (14/6), usai membuka rapat koordinasi pemerintah provinsi dengan bupati/wali kota se-Sumbar.
Penilaian tersebut disampaikan Zulkifli setelah melakukan pengamatan dari udara melalui helikopter dalam perjalanan dari Bandara Internasional Minangkabau Padang menuju Kabupaten Pasaman.
Ia mengatakan hutan di Sumbar sangat indah karena dikelilingi bukit barisan dan merupakan hutan alam yang terjaga dengan baik.
“Berdasarkan pengamatan dari udara belum ditemukan banyak kerusakan dan hanya dibeberapa titik saja terlihat ada penebangan,” lanjut dia.
Dikatakan, selain kondisi hutan yang masih terjaga budaya menanam masyarakat Sumbar juga tinggi tidak kalah dengan masyarakat yang berada di Pulau Jawa.
“Hal ini perlu dijaga oleh pemerintah setempat dan masyarakat karena hutan merupakan aset yang sangat strategis,” katanya.
Ia menyebutkan pada 1999-2002 laju deforestasi (kerusakan hutan) secara nasional mencapai empat juta hektare per tahun.
“Pada 2011 angka tersebut berhasil ditekan, dan tinggal 600 ribu hektare deforestasi saat ini,” katanya.
Menurut dia, pemerintah saat ini sedang memprogramkan penanaman 1,3 miliar bibit pohon di seluruh daerah di Tanah Air untuk mengembalikan fungsi hutan. (ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar