Featured Video

Senin, 11 Juli 2011

Harga Cabai Jatuh


Padang, Singgalang
Harga cabai segar kembali jatuh ke posisi Rp10.000/kg, setelah sempat naik selama seminggu dengan harga Rp12.000/kg. Meski harga kembali murah, tidak terlihat aksi borong dilakukan kaum ibu-ibu ataupun pedagang rumahan.
Menurut Wardi, permintaan terhadap cabai normal-normal saja, tidak ada kenaikan yang mencolok. Kaum ibu-ibu membeli paling banyak satu kilogram, untuk keperluan beberapa hari di depan.
“Kadang aneh juga, saat cabai mahal kaum ibu-ibu berebut membeli cabai. Tiba harga murah, mereka seperti acuh tak acuh. Tapi saya senang, karena dari segi penjualan mengalami kenaikan,” katanya kepada Singgalang, Minggu (10/7).
Dikatakannya, kalau harga cabai murah, maka labanya menjadi lebih meningkat. Namun kalau harga mahal, laba yang diperoleh jadi sedikit. Soalnya, kaum ibu melakukan penghematan yang ekstra ketat.
“Untuk cabai giling halus atau kasar, dijual dengan harga RP12.000 sampai Rp14.000/kg. Kalau cabainya giling tangan, harga Rp14.000/kg, sedangkan dengan mesin Rp12.000/kg,” kata Iwan, pedagang cabai lainnya.
Sementara jumlah pedagang cabai menjelang lebaran makin bertambah di Pasar Raya Padang. Meski kios darurat sudah dibongkar, tetap saja jumlah pedagang tidak berkurang.
Kini hampir setiap sudut Pasar Raya diisi pedagang bekas kios darurat. Mereka enggan pindah ke tempat baru, karena takut kehilangan langganan. (109)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar