Featured Video

Senin, 11 Juli 2011

Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Dilengkapi RTH


PAYAKUMBUH, HALUAN — Ka­wa­san Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh, di Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, tahun ini akan dilengkapi dengan RTH (ruang terbuka hijau).
RTH yang berfungsi sebagai ta­man kota itu, dibangun dengan dana APBD Provinsi Sumatera Barat 2011, lebih kurang Rp400-an juta. Pihak provinsi saat ini, tengah mela­kukan proses tender pemba­ngunan RTH dimaksud, dan dijadwalkan Agustus nanti sudah bisa dikerjakan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Paya­kumbuh Yoherman, meng­informasikan, Rabu (6/7), RTH di Medan nan Bapaneh itu, akan mempercantik  kawasan objek wisata Ngalau Indah. Fasilitas yang ada sekarang, selain kolam renang, juga tengah dipacu penyelesaian  bangunan  Pon­dok Promosi Industri.
Jika semua fasilitas umum itu tuntas, Yoherman optimis, jumlah kunjungan ke Medan nan Bapaneh dan Taman Wisata Ngalau Indah akan me­ningkat­kan dari  tahun sebelumnya.
Dalam berapa tahun bela­kangan, pemko juga  telah membangun  jembatan reflek­si, musala serta MCK yang representatif di Medan nan Bapaneh. Pembangunan pon­dok promosi industri tahap tiga, dikatakan, juga akan dimulai tahun ini. Pondok promosi industri akan mampu menam­pung ratusan pelaku ekonomi kerajinan Payakumbuh, untuk mempromosikan seluruh hasil produksi kerajinan di kota ini.
Sementara itu, pengelolaan RTH yang  berada di tepian Ba­tang Agam Kelurahan  Ibuh, di­­ka­takan, kemungkinan akan di­se­rahkan kepada Dinas Pari­wi­sata Pemuda dan Olah­raga penge­lolaannya. Tapi, pemko masih belum menye­rahkannya secara ad­ministrasi. “Jika diserah­kan, kita siap mengelola RTH dimak­sud,” ucap Yoherman.(h/smt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar