Featured Video

Jumat, 28 Oktober 2011

BANJIR THAILAND, RATUSAN BUAYA BERKELIARAN


BANGKOK, HALUAN — Banjir bandang yang melanda Bangkok ternyata tidak hanya merendam tempat tinggal ratusan ribu manusia, tapi juga merencam habitat ratusan buaya. Akibatnya para buaya ini lepas. Pegawai kebun binatang kesulitan me­nangkap buaya ganas itu. Pe­merintah pun meminta bantuan masyarakat. Warga me­milih menembak mati buaya yang susah ditangkap.

Seperti dimuat Bangkok Post,  Kamis, sudah dua buaya di­tembak mati di distrik Bang Bua Thong. Sementara enam lainnya di­tangkap di daerah yang sama. Dua buaya yang mati diduga lepas dari habitatnya di distrik Sai Noi.
Semua buaya ini ditemukan penduduk yang sedang menyisir jalanan banjir guna mencari mayat. Pihak berwajib mem­peringatkan warga untuk tidak sembarangan mendekati hewan amfibi yang panjangnya bisa mencapai empat meter itu.
Televisi Thailand me­nayang­kan gambar buaya-buaya yang telah dilumpuhkan. Para pe­nangkapnya mengklaim bahwa buaya sebenarnya tidak terlalu sulit ditangkap karena takut pada manusia. “Anda hanya perlu terus menyetrum buaya yang Anda tangkap sampai dia benar-benar pingsan,” kata Praiphan Thien­thong, seorang penjinak buaya, seperti dikutip dari The Austra­lian.
Thienthong dan para penjinak buaya lainnya terpaksa bekerja lebih keras untuk menangkap buaya, yang menurut penduduk Thailand sama buruknya dengan ular lepas.
Pemerintah Thailand me­nawarkan hadiah sejumlah uang bagi penduduk yang bisa me­nangkap buaya hidup-hidup, seperti diberitakan Sky News. Jumlah hadiah yang ditawarkan adalah 1000 baht atau sekitar Rp289 ribu per buaya, sedikit lebih rendah dari upah minimum harian Thailand. (vvn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar