Featured Video

Selasa, 25 Oktober 2011

HARGA CABAI MERANGKAK NAIK-Sumbar


PADANG,HALUAN — Harga cabai merah kembali merangkak naik di Pasar Raya Padang dan di beberapa pasar satelit di Kota Padang. Meskipun kenakan harga cabai tipis, namun terus bergerak dari hari-ke hari. Jika sebelumnya harga cabai Rp38 ribu perkilo gramnya, kini naik menjadi Rp40 ribusampai Rp42 ribu per kilo gramnya.

Kenaikan harga ini diakui oleh sejumlah pedagang di Pasar Raya dan Pasar Siteba serta Pasar Alai Padang. Kenaikan harga cabai ini sudah dirasakan masyarakat sejak minggu ke dua Oktober 2011 lalu, namun kenaikan harga cabai merah belum begitu tajam, dimana sebelumnya harga Rp15 ribu/kg naik menjadi Rp3 ribu, sehingga harga naik menjadi Rp20 ribu/kg.
Dari harga Rp20 ribu itu, kemudian harga cabai merah bulat terus mengalami kenaikan secara perlahan. Bahkan harga itu mencapai posisi Rp28 ribu per kilo gramnya. Sedangkan Minggu (23/10)  harga cabai di pasaran mencapai Rp40 ribu hingga 42 ribu perkilogramnya.
Salah seorang pedagang di Pasar Siteba Dani mengatakan kenaikan harga cabai ini karena stok cabai dari pedagang besar mulai dibatasi. Alasannya, di beberapa daerah pemasok cabai di pulau jawa hasil panennya sedikit karena gagal panen.
“Harga cabai mulai naik dan itu dari pedagang besar, kita pedagang eceran ya ngikut aja,” ujarnya pada Haluan Minggu (23/10)
Sementara itu kualitas cabai makin menurun dibandingkan sebelumnya. Cabai yang banyak busuk semakin menurunkan omset para pedagang.
Harga cabai yang mulai naik ini juga disayangkan oleh ibu rumah tangga yang menjadi konsumennya. Salah satunya adalah Risma. Wanita ini mengeluh harga cabai yang tinggi dikhawatirkan mendongkrak kenaikan harga lainnya. “Kalau cabai sudah naik, otomatis harga yang lainnya ikut naik,” ujarnya.
Sedangkan untuk sembako, diakui salah satu pedagang di Pasar Raya Padang Ikhwan masih bertahan seperti minggu lalu. Begitu juga dengan pembeli yang masih sepi. “Semuanya masih sama, dan yang beli juga masih sepi,” ujarnya.
Untuk harga beras IR 42 C Solok harganya Rp11.250 perkilonya, di minggu lalu Rp11 ribu. Diakuinya ada kenaikan sedikit, tapi harganya masih stabil, jelasnya.
Sementara untuk gula pasir minggu ini Rp10.500 ribu, masih sama dengan minggu kemarin. Begitu juga untuk minyak goreng kemasan 1 liter di harga Rp16 ribu.
Untuk minyak curah saat ini diharga Rp10 ribu. Dan untuk telur ayam harga per 30 butirnya masih Rp30 ribu rupiah untuk ukuran super. Harga telur disesuaikan dr ukuran dan kualitas telurnya.
Tepung terigu Segitiga Biru Rp7.500. Untuk tepung terigu curah harganya Rp6.500 hingga 7 ribu perkilonya. (h/win)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar