Featured Video

Selasa, 11 Oktober 2011

Tenaga Magang ke Jepang Dibuka Lagi

Padang, Singgalang
Pengiriman tenaga magang ke berbagai perusahaan di Jepang untuk tenaga potensial Sumbar dibuka lagi 2012, setelah jatah Sumbar ditutup sejak 2004. Bagi peminat sejauh ini sudah banyak yang mendaftar di kabupaten/kota masing untuk kemudian diseleksi.


“Sudah lama betul rasanya. Berbagai pihakpun bertanya, kapan lagi untuk Sumbar dibuka. Padahal banyak tenaga magang Sumbar yang sukses sepulang magang dari Jepang. Mereka menjadi panutan. Mujur, kini, dibuka lagi,”terang Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar H. Syofyan kepada Singgalang, Sabtu (8/10) di Padang.
Mendengar cerita tenaga magang yang sudah menikmati magang di Jepang, mem buat tenaga potensial di Sumbar iri. Sebab, selain keterampilan dan keahlian bertambah, merekapun digaji besar. Tak heran, tiap tahun peminat dari Sumbar ba nyak.
Namun, sebut Syofyan, gara-gara ada peserta dari Sumbar tidak mematuhi perjanjian dan berulang kali terjadi, membuat pihak Jepang menghentikannya. Semua pada menyesal.
Karena sudah lama dihen tikan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wagub Sumbar Muslim Kasim, melihat celah itu agar tenaga magang Sumbar diikutkan lagi dalam seleksi. Berkat kegigihan Irwan-MK, pemerintah pusat mengabulkannya.
7 April 2011 lalu, tim pusat langsung menyosialisasikan ke dinas terkait. Banyak peminatnya. Pendaftaran calon ditutup Desember ini. Rekrutmen diselenggarakan Februari-Maret 2012.
“Kendati sudah banyak yang mendaftar, kita tetap mengimbau agar memanfaatkan momen ini dan silakan mendaftar di dinas terkait di kab/kota. Apalagi tidak ada, pembatasan kuata untuk masing-masing provinsi. Apa salahnya kita rebut kesempatan emas ini,”ujar Syofyan.
Dia mengaku seleksi cukup ketat dan persyaratan cukup banyak pula. Tujuannya agar selama ditempatkan di Jepang, benar-benar sesuai dengan perjanjian yang disepakati. Jangan ada lagi yang mangkir.
Persyaratan antara lain, berusia minimal 20 tahun maksimal 26 tahun, surat keterangan kesehatan, surat izin dari orangtua/wali, be lum pernah ikuti magang se belumnya dan lainnya.
(015)

1 komentar: