Featured Video

Minggu, 13 November 2011

Pencak Silat Diharapkan Sumbang 10 Emas


Pengurus Besar (PB) Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) menargetkan menyumbang 10 dari 18 medali emas yang dioerebutkan dalam SEA Games XXVI. Target ini diyakini akan tercapai sebab seluruh atlet telah berlatih sejak jauh-jauh hari dan berpengalaman di berbagai kejuaraan dunia.


`Saya berharap sebagai cabang olahraga yang menjadi bagian dari budaya bangsa Idonesia, pencak silat harus menjadi yang terbaik di SEA Games ini, `ungkap Prabowo Subianto, saat membuka pertandingan pencak silat di Padepokan Pencak Silat TMII, Sabtu (12/11).

Optimisme ini didasari atas persiapan yang dilakukan para atlet setahun menjelang SEA Games ini digelar. Seluruh atlet silat Indonesia telah digembleng selama setahun lebih. Diantaranya dilakukan pemusatan pelatihan di Cina selama tiga bulan. Bahkan sebelumnya mereka juga telah melakukan uji coba kejuaraan dunia. Misalnya pada 12 - 18 September 2010 lalu mengikuti kejuaraan Jakarta Open.

Kemudian Singapura Open dan Belgia Open. Sedangkan pelatihan di dalam negeri dilakukan di DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera, Sulawesi Selatan, dan Bali. Bahkan mereka juga menjalani Training Camp di kompleks Secapa TNI AD di Bandung, Jawa Barat.

Pada SEA Games tahun ini, PB IPSI menerjunkan 24 pesilat tangguh yang akan bertarung dalam 18 kelas. Antara lain,  kategori tunggal, ganda dan regu 6 kelas. Kejuaraan pencak silat di ajang SEA Games XXVI ini dikuti oleh 10 negara dari total 11 negara di Asia Tenggara. Satu negara yang tidak mengikuti pertanndingan pencak silat ini adalah Kamboja.

Sementara, pada hari pertama ini, negara yang akan bertanding pada kelas A adalah Vietnam vs Timor Leste dan Indonesia vs Myanmar. Adapun atlet putri tunggal yang akan diterjunkan adalah Amelia Roring yang berhadapan dengan Souyhiva Chansathit dari Laos. Untuk putra tunggal adalah Deny Aprisani vs Kyaw Thu Ye.

Pantauan di lapangan, selama pertandingan berlangsung, sekitar 3.000 an penonton memadati tribun yang ada. Mereka memberikan dukungan pada atlet negaranya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar