Featured Video

Senin, 28 November 2011

Puluhan Rumah Terendam Banjir Setinggi 1 Meter-Sumbar


KOMPAS/LASTI KURNIAIlustrasi


LUBUKBASUNG, Puluhan rumah di dua kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengalami longsor dan terendam banjir setinggi satu meter disebabkan hujan deras yang mengguyur daerah tersebut, Senin (28/11/2011), pukul 02.00 WIB.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Martias Wanto, di Lubukbasung, Senin menyebutkan banjir dan longsor melanda dua kecamatan, yakni Kecamatan Lubukbasung dan Tanjung Mutiara.

Banjir disebabkan karena meluapnya sungai Masang dan Antokan yang mengalir di Kecamatan Lubukbasung. Sementara tanah longsor terjadi di Bukit Malintang, Kecamatan Tanjung Mutiara untuk sementara menyebabkan dua rumah tertimbun longsoran.
"Untuk data rumah yang terendam air dan terkena longsor, kami masih melakukan pendataan ke lokasi dan keterlambatan ini disebabkan karena daerahnya terlalu jauh pusat ibu kota," katanya.
"Kejadian ini merupakan yang kali keduanya sepanjang Oktober-November 2011," kata Martias Wanto.
Untuk itu, pihaknya meminta warga yang tinggal di daerah rawan bencana, seperti Kecamatan Tanjung Raya, Tanjung Mutiara dan daerah lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat curah hujan tinggi sekarang ini.
Sekretaris Kecamatan Lubukbasung, Zulfren, mengatakan rumah yang terendam air berada di Sago sebanyak enam unit rumah, lalu jembatan putus di Kubu Anau, sementara Padang Lasano dan Sungai Jaring masih dalam pendataan kepala jorong setempat dan pihak kecamatan. "Untuk saat sekarang baru empat titik ini yang terpantau oleh kami," katanya.
Warga yang rumahnya terendam air langsung menyelamatkan diri dengan naik ke atap rumah mereka. Tidak ada korban jiwa dalam banjir tersebut. Saat ini, air sudah mulai surut dan masyarakat mulai melakukan membersihkan rumah mereka.
Sementara Camat Tanjung Mutiara, Boy Vetris, menyebutkan di kecamatannya terdapat dua daerah yang terendam banjir setinggi satu meter di Durian Kapeh Nagari Tiku Utara dan tanah longsor di Bukit Malintang Nagari Tiku Utara yang menyebabkan dua rumah tertimbun longsor.
"Kami masih melakukan pendataan dan dari informasi diperoleh tidak ada korban jiwa," katanya.
ANT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar