Featured Video

Rabu, 02 November 2011

UBAH LAMBANG DAERAH-DPRD Minta Masukan Ninik Mamak


PAYAKUMBUH,  Pansus 1 DPRD Kota Payakum­buh duduk bersama dengan pengurus LKAAM dan pengurus KAN dari 8 nagari se-Kota Payakumbuh. Kegiatan tersebut berlangsung dalam acara hearing di DPRD Jalan Sudirman Pa­yakum­buh, Senin (30/10).  Hea­ring dipimpin Ketua Pansus 1, H. Muharnis Zul, S.Pd, bersama 11 anggota serta pena­sehat Pansus Wilman Singkuan, S.Sos, mem­bahas Ranperda tentang rencana perubahan lambang daerah serta RT/RW Kota Payakumbuh

Ketua Pansus 1 DPRD Mu­har­­nis Zul, Selasa (1/11) di DPRD Payakumbuh mengin­formasikan, masukan dari ninik mamak dari 8 nagari serta LKAAM, amat diperlukan, sebelum DPRD me­­­n­e­­tap­kan Ranperda yang dia­ju­kan ekse­kutif itu. “Persoalan lam­bang dae­rah cukup krusial, karena me­nyang­kut sejarah Payakumbuh. Ka­­­rena itu, ma­sukan dari ninik ma­mak yang me­ngerti dengan sejarah ko­­ta ini, amat diper­lukan,” ucap Mu­harnis.
Ketika kota ini dilahirkan, 17 Desember 1970, lambang daerah Payakumbuh punya tujuh gerigi yang mengartikan tujuh nagari. Sementara itu, sejak dua tahun terakhir, menyusul bertam­bahnya Nagari Aur Kuning, setelah berpisah dari Nagari Limbukan-Aur Kuning, maka Kota Paya­kumbuh sudah punya delapan nagari. Karena itu, wajar saja anak nagari delapan nagari mendesak pemko menyem­purnakan lambang daerah terse­but. “Agar tak salah dalam mengambil kebijakan, masukan para ninik mamak  kami perlu­kan,” tegas Muharnis, dari Fraksi Partai Golkar ini.
Begitu juga dengan RT/RW, ungkap Muharnis, karena bakal berpengaruh kepada wilayah atau nagari-nagari di Payakumbuh. Penetapan rencana tata ruang wilayah kota, tidak terlepas dari kultur warga setempat. Dalam pertemuan tersebut, masing-masing ketua KAN, menyam­paikan po­kok-pokok pikirannya, yang dinilai sangat bermanfaat dalam pe­ngambilan kebijakan nanti.
Anggota Pansus I terdiri dari Syaiful Anwar (wakil ketua), Ir. Zul Amri (sekretaris), Ir. Efri, H. Abdul Khair, Hurisna Jamhur, S.Pd, Erlindawati, S.Pd, Alhadi Hamid, Nasrul, Aribus Madri, B.Ac dan Isa Aidil. (h/smt)9(HALUAN )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar