Featured Video

Kamis, 10 November 2011

Veteran sesalkan terkikisnya nilai-nilai patriotisme

Ilustrasi-Sejumlah veteran pejuang kemerdekaan yang tergabung dalam Legiun Veteran. (ANTARA/Iggoy el Fitra)


Amlapura . Mantang pejuang di Kabupaten Karangasem, Bali, menyesalkan terkikisnya nilai-nilai patriotisme para generasi muda.

"Saya sangat miris melihat fenomena generasi muda saat ini yang nyaris hilang rasa bela bangsanya," kata Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Karangasem, I Wayan Tangkas, seusai peringatan Hari Pahlawan di Amlapura, Kamis. 

Ia berharap masyarakat tidak memperingati Hari Pahlawan sebatas seremonial saja, melainkan ada aksi realitas yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Pahlawan saat ini menurut Tangkas merupakan perwujudan rasa hormat dan penghargaan atas jasa pahlawan yang telah mengantarkan bangsa ini kepada kemerdekaan dengan segala pengorbanan, sekaligus mewarisi semangat kepahlawanan sebagai inspirasi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa mengisi kemerdekaan melalui pembangunan.

Menanamkan komitmen moral dan kejuangan dalam meneruskan cita-cita apara pahlawan dengan bekerja lebih keras, ulet serta penuh pengabdian kepada bangsa dan negara dilandasi semangat kesetiakawanan sosial nasional sangat diperlukan saat ini. 

Karena nilai-nilai kepahlawanan tersebut terbukti mampu menjadi perekat persatuan bangsa sehingga peringatan Hari Pahlawan memiliki makna penting dan strategis. 

Ia mengajak generasi muda agar menangkap makna nilai patriotik melalui realitas keteladanan, menghilangkan sikap ego sentralisme yang dapat mengikis nilai persatuan, dan memupuk nilai nilai perjuangan.

(ANTARA/Iggoy el Fitra)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar