Featured Video

Kamis, 23 Februari 2012

Demo Pembakaran Alquran Tewaskan 9 Orang di Afghanistan


Unjuk rasa di Afghanistan (Xinhua)
Kabul Korban tewas dalam aksi unjuk rasa anti-Amerika Serikat (AS) di Afghanistan bertambah menjadi 9 orang. Sedangkan puluhan orang lainnya luka-luka dalam aksi yang memprotes pembakaran Alquran oleh pasukan NATO di Afghanistan ini.

Warga Afghanistan yang marah dengan tindakan pasukan NATO tersebut langsung turun ke jalan-jalan di Kabul, ibukota Afghan dan di Kota Jalalabad, Afghanistan Timur, sejak Selasa (21/2) kemarin.

Para demonstran melemparkan batu-batu ke pangkalan militer AS, Camp Phoenix, di Kabul. Sementara di Kota Jalalabad, lebih dari 1.000 demonstran memblokir jalan tol sembari meneriakkan "Matilah Amerika, Matilah Obama."

Dalam aksi demo di luar Kamp Phoenix, Kabul, 1 orang demonstran tewas ditembak. "Sebagai akibat penembakan pengawal asing Kamp Phoenix, satu rekan sebangsa kita tewas dan sekitar 10 orang lainnya luka-luka," tutur seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, seperti dilansir oleh AFP, Kamis (23/2/2012).

Para demonstran yang melakukan long march ke pusat kota, juga melakukan pembakaran mobil dan menyerang toko-toko yang mereka lewati. Namun usaha ini dihadang oleh polisi anti huru-hara.

Sementara itu, sebanyak 6 orang demonstran dilaporkan tewas di Provinsi Parwan. Sebanyak 13 orang lainnya mengalami luka-luka. Juru bicara otoritas setempat menuturkan, tembakan dilakukan karena para demonstran menyerang polisi dengan batu dan bahkan beberapa dari mereka membawa senjata.

Kemudian di Jalalabad, dilaporkan seorang pendemo tewas. Di wilayah Baraki Barak, Provinsi Logar, dilaporkan seorang pendemo tewas saat berunjuk rasa. Wilayah ini sering menjadi lokasi bentrokan Taliban.

Kementerian Dalam Negeri Afghan menyatakan, pihaknya akan melakukan investigasi terhadap semua kematian demonstran. Pemerintah Afghanistan menyalahkan penjaga keamanan dari sebuah markas militer asing. Namun belum jelas apakah penjaga keamanan tersebut berasal dari Afghanistan atau negara lain.

Sebelumnya pada Selasa, 21 Februari kemarin, aksi demo anti-AS juga terjadi di luar pangkalan udara Bagram, Afghanistan. Para demonstran mengecam pembakaran Alquran yang dilakukan tentara-tentara NATO pimpinan AS. Atas insiden itu, Gedung Putih dan militer AS telah menyampaikan permintaan maaf.

(nvc/ita)http://news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar