Featured Video

Sabtu, 18 Februari 2012

Proses WNI Serginho van Dijk Hampir Rampung


L Sastra Wijaya
Penyerang klub Adelaide United, Serginho van Dijk.


ADELAIDE,Penyerang klub Adelaide United, Serginho van Dijk (29) mengungkapkan, prosesnya untuk menjadi warga Indonesia segera terwujud dalam waktu dekat. Segera setelah musim pertandingan Liga Australia selesai, Serginho akan berangkat ke Indonesia untuk menyelesaikan prosedur administratif menjadi WNI.

"Sekitar bulan Mei saya perkirakan, musim pertandingan di sini maupun keterlibatan kami di Liga Champions Asia akan selesai. Sekarang saya tidak bisa kemana-mana, karena saya mesti paling tidak seminggu atau dua minggu untuk menyelesaikan proses pengambilan sumpah dan pembuatan paspor," kata Serginho dalam perbincangan dengan koresponden Kompas L Sastra Wijaya di Stadion Hindmarsh, Adelaide, Australia, Sabtu (18/2/2012).
Serginho berhak menjadi warga negara Indonesia karena ibunya berasal dari Indonesia, dan ayahnya adalah warga Belanda. "Sebenarnya prosesnya sudah berjalan lebih dari satu tahun. Bulan Januari 2011, prosesnya sudah dimulai namun dengan berbagai kendala baik dari pihak saya maupun dari PSSI, sekarang tampaknya sudah diselesaikan," kata Serginho dalam percakapan menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia.
Serginho menyatakan ingin segera bisa memperkuat timnas Indonesia, karena pada usianya sekarang dia berharap berada di puncak karirnya. "Saya masih akan bermain sampai usia 35 atau 36 tahun. Jadi saya masih bisa menyumbang sesuatu untuk timnas Indonesia," kata pemain kelahiran Essen, Belanda, tahun 1982 itu.
Serginho van Dijk mencetak gol ketiga Adelaide United ke gawang Persipura Jayapura dalam pertandingan play off Liga Champions Asia, Kamis (16/2/2012). Dia juga saat ini menjadi penyerang utama Adelaide United dan sudah mencetak 7 gol.
Pada musim lalu, Serginho mendapatkan Sepatu Emas Liga Australia dengan mencetak 13 gol. Serginho pindah ke Australia tahun 2008 bergabung dengan Brisbane Roars, sebelum pindah ke Adelaide tahun 2010.
Ketika ditanya apakah dia mengetahui adanya kekisruhan di kepengurusan sepakbola di Indonesia dan adanya dua liga, Serginho mengatakan dia mengikuti dengan seksama perkembangan.
Serginho sejauh ini dikontrak Adelaide United sampai 2013 dan mengatakan membuka kemungkinan bahwa suatu saat nanti dia bermain untuk klub di Indonesia. "Pertalian saya dengan Indonesia kuat. Saya masih punya banyak sanak keluarga di Jakarta, Jawa, dan Maluku. Kalau ada klub yang berminat, bisa saja saya bermain di sana," tuturnya.
 http://bola.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar