Featured Video

Minggu, 18 Maret 2012

Perangi Pembajakan, Industri Sebar 'Mata-mata' di Internet

Amerika Serikat - Recording Industry Association of America (RIAA) dan sejumlah ISP besar di Amerika Serikat seperti AT&T, Cablevision, Comcast, Time Warner Cable, dan Verizon sepakat untuk mengawasi lalu lintas data di internet demi memerangi pembajakan.

Rencana ini sejatinya bukanlah hal baru, dan sempat disuarakan beberapa bulan lalu. Namun menurut Cary Sherman, CEO dari RIAA, memang membutuhkan waktu yang cukup lama bagi ISP untuk membuat 'sistem pemantau' yang efektif.

Nah, sistem pemantau yang dimaksud nantinya akan mengawasi gerak-gerik pengguna, yang menggunakan isp tersebut, untuk memastikan bahwa mereka tidak mengakses konten ilegal. Dan jika ketahuan mengakses maka pengguna akan dikirimkan peringatan.

Peringatan pertama mungkin hanya bersifat himbauan untuk tidak lagi mengakses konten ilegal, namun jika masih berlanjut maka ISP bisa saja membatasi akses internet pengguna atau bahkan hingga memutus jaringan.

Dikutip detikINET dari Torrent freak, Sabtu (17/3/2012), sistem pengawas ini juga akan memantau BitTorrent dan jaringan peer-to-peer lainnya.

Belum dipastikan kapan sistem pengawasan ini mulai diaktifkan, namun dijadwalkan seluruh persiapan infrastruktur tersebut akan rampung pada Juli 2012.


( eno / ash ) http://inet.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar