Featured Video

Minggu, 18 Maret 2012

Sabtu Kelabu untuk Red Bull dan Ferrari



Fernando Alonso (AFP/William West)
Melbourne - Hari Sabtu (17/3/2012) bukanlah hari yang baik bagi Red Bull dan juga Ferrari. Kondisi kebalikan dialami McLaren Mercedes yang meraih hasil gemilang hari ini.

Sesi latihan bebas terakhir dan juga sesi kualifikasi adalah agenda F1 di hari ini. Ini adalah saatnya para pebalap dan juga tim membuktikan kinerja mereka selama pra musim lalu.

Hasilnya seperti sudah diketahui, McLaren Mercedes mampu menempatkan dua pembalapnya di grid terdepan, di mana Lewis Hamilton dipole position dan Jenson Button di urutan kedua. Urutan ketiga ditempati driver Lotus F1, Romain Grosjean.

Lalu di mana posisi Sebastian Vettel, Mark Webber, Fernando Alonso dan juga Felipe Massa? Bukanlah hari Sabtu yang baik untuk keempat pebalap itu beserta timnya.

Vettel yang seperti belum menemukan klik dengan Abbey -- panggilan untuk mobilnya musim ini -- cuma bisa start dari posisi ke-6 setelah serangkaian hasil latihan bebas yang kurang memuaskan. Bukan awal mudah tentunya bagi Vettel untuk mempertahankan titel juara dunia, setelah musim lalu ia begitu dominan.

Posisi Webber bahkan lebih baik dari Vettel di mana ia start dari posisi kelima pada balapan besok.

Nasib lebih sial dialami Ferrari ketika dua driver-nya bahkan tak mampu melewati sesi Q2. F2012 yang dikemudikan Alonso terpelintir di kualifikasi sesi kedua dan terlempar ke gravel sehingga ia tak bisa melanjutkan ke Q3. Ia pun harus puas start dari posisi ke-12.

Sementara itu Massa tak lebih baik dari Alonso karena ia start dari grid belakang alias di posisi ke-18. Performa mengecewakan itu sebagai gambaran bagaimana tim belum menemukan setingan yang pas untuk F2012 musim ini.

"Hari ini penampilan kami sangat mengecewakan, khususnya karena kami tidak punya cukup downforceyang aerodinamis dan kami masih saja kesulitan mencapai top speed. Mari kita berharap punya start yang bagus untuk mendekati pebalap lain di depan kami dan lalu bertarung hingga akhir balapan," tukas Alonso dalam jumpa pers usai balapan yang dihadiri juga oleh wartawan detiksport M. Resha Pratama.

Maka dari performa maksimal dari Red Bull dan khususnya Ferrari benar-benar dibutuhkan pada balapan besok di Albert Park demi mencapai hasil terbaik. Apakah kedua tim ini mampu mengubah Sabtu yang kelabu jadi Minggu yang ceria besok? Kita tunggu saja.

( mrp / a2s ) http://sport.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar