Featured Video

Minggu, 15 April 2012

Masih Mau Bilang Mourinho Pragmatis?


FOTO:Getty Images/Jasper Juinen
Madrid - Real Madrid sudah mencetak 107 gol di La Liga sekaligus menyamai rekor 22 tahun lalu. Dengan produktivitas tinggi seperti ini, Jose Mourinho boleh jadi mulai bisa menghilangkan cap 'sepakbola membosankan' pada dirinya.

Tiga gol yang dicetak ke gawang Sporting Gijon, Minggu (15/4/2012) dinihari WIB adalah penyebabnya. Kini dari 33 laga yang sudah dilalui 'Si Putih', mereka unggul 11 gol dari Barcelona yang punya 96 gol.

Rinciannya adalah Madrid menggelontorkan 63 gol di kandang dan 44 gol saat tandang. Penyumbang terbesar gol-gol itu tentu Cristiano Ronaldo dengan 41 gol, lalu disusul Gonzalo Higuain (21 gol) dan Karim Benzema (18 gol).

Jika ditotal dengan Liga Champions (32 gol) dan Copa Del Rey/Super Spanyol (18 gol), maka musim mereka sudah bikin 161 gol. Khusus di La Liga, 107 gol itu menyamai perolehan Madrid di bawah arahan John Toshack musim 1989/1990 yang menuntaskan musim dengan jumlah gol sama.

Dengan La Liga menyisakan lima pekan lagi, jumlah gol Madrid di La Liga pun akan terus bertambah. Musim lalu Madrid total mengoleksi 148 gol di seluruh kompetisi resmi.

Total selama dua musim ditangani Mourinho Madrid sudah menciptakan 308 gol! Sebuah pencapaian fenomenal mengingat Mourinho lekat dengan cap "sepakbola pragmatis nan membosankan" yang mengutamakan kemenangan daripada bermain indah.

Cap yang ia dapatkan saat meraih sukses di Chelsea dan juga Inter Milan. Terlebih saat meraih treble winners bersama Nerazzurri, Mourinho dikritik habis-habisan karena permainan super defensifnya.

"Rekor itu adalah hasil dari kerja keras seluruh pemain yang telah memberikan segalanya dan pantas menjadi juara. Bagi mereka yang mengatakan bahwa Mou (Jose Mourinho) adalah pelatih defensif, Anda harus melihat statistik itu," cetus asisten pelatih Madrid, Aitor Karanka, usai laga kontra Gijon seperti dilansir AFP.

Jadi masih mau bilang Mourinho itu pelatih pragmatis? Itu semua kembali lagi kepada Anda sebagai penikmat sepakbola.


( mrp / mfi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar