Featured Video

Rabu, 04 April 2012

Sultan: Isu, Yogyakarta Pisah dari NKRI


KOMPAS.com/ SUTARMISultan Hamengku Buwono X belajar sejarah di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Rabu (4/4/2012).


Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan, rencana Daerah Istimewa Yogyakarta memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia hanya isu. "Silakan saja, tapi bagaimanapun itu bukan fakta. Ya enggak apa-apa," kata Sultan, Rabu (4/4/2012). 


Saat ditanya, apakah Sultan setuju DIY memisahkan diri dari NKRI , dia menjawab, DIY adalah bagian dari NKRI. "Kalau saya, Yogyakarta sudah menjadi bagian dari NKRI," tegas Sultan.

Sebelumnya, ribuan warga dari berbagai lapisan masyarakat menggelar Apel Siaga Rakyat Yogyakarta Pro Penetapan di Alun-alun Pakualaman. Aksi ini menyusul ketidakjelasan nasib Rancangan Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang membuat masyarakat semakin kecewa dengan kepemimpinan nasional Indonesia. Jika RUUK DIY tidak segera disahkan, masyarakat menuntut Yogyakarta lepas dari NKRI.

"Itu keputusan detik-detik terakhir, kalau Pemerintah tidak mau memperhatikan sejarah lagi. Itu risiko, dan kami akan bersikap," kata GBPH Prabukusumo.
http://regional.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar