Featured Video

Selasa, 15 Mei 2012

DAMPAK TDS SUDAH DIRASAKAN



Gu­bernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengaku bahwa dam­pak dari penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) sudah dapat dirasakan sekarang ini bagi daerah Sumbar.

“Kami sudah merasakan manfaatnya sekarang. Sudah banyak wisatawan berkunjung ke daerah Sumbar sekarang ini,” kata Irwan Prayitno pada launching (peluncuran) TdS 2012, di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parektraf), di Jakarta, Senin (14/5).
TdS 2012 diselenggarakan 4 sampai 10 Juni mendatang me­lombakan 7 etape berjarak 854 km yang melibatkan atau melintasi 14 kabupaten/kota di Sumbar.
Irwan memang tidak menyebut data atau angka kunjungan wisata ke Sumbar, tapi hanya melihat penerbangan ke Sumbar.
“Kita bisa melihat dari pener­bangan ke Sumbar yang selalu penuh,” kata Irwan mencontohkan.
Di samping banyaknya kun­jungan wisata ke Ranah Minang, Irwan juga menyebutkan bahwa TDS telah memotivasi masyarakat Sumbar gemar bersepeda. “Sekarang terjadi demam bersepeda di Sum­bar,” ujar Irwan.
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwanda menjelaskan bahwa kualitas TdS 2012, baik peserta maupun jarak tempuh dibandingkan TdS tahun sebelumnya.
“Tahun ini kita mengundang Amaury Sport Organisasi, penye­lenggara Tour de France, salah satu lomba balap sepeda internasional terbesar di dunia untuk hadir dan memberikan masukan penye­lenggaraan TdS 2012,” kata Sapta.
Sapta mengharapkan ma­sya­rakat Sumbar untuk berpartisipasi dalam kegiatan TdS. “Jangan sampai ada masyarakat yang komplen karena ada jalan ditutup 2 atau 3 jam saat pembalap melintas. Tour de France saja bisa sampai 12 jam jalan ditutup. Ini semua demi Sumbar juga,” ujar Sapta.
Dalam launching TdS 2012 tadi malam turut hadir Wagub Muslim Kasim, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Burhasman Bur, anggota DPR dari dapil Sumbar Refrizal dan Taslim serta sejumlah bupati dan walikota. (h/sam)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar