Featured Video

Selasa, 15 Mei 2012

PERGANTIAN PESAWAT MASIH MISTERI-JATUHNYA SUKHOI SUPERJET 100


Seperti diberitakan harian Moskovskiy Komsomolets yang terbit di Rusia, Sukhoi Superjet 100 yang me­ngalami kecelakaan di Gunung Salak se­benarnya, Rabu  (9/5) lalu tidak dijadwalkan melakukan demo terbang di Indonesia. Yang seharus­nya melakukan demo itu adalah pe­sawat yang sama seperti yang ter­bang di Kazakhstan dan Pakistan.
Pesawat Sukhoi Superjet 100 yang demo terbang di Kazakhstan dan Pakistan memiliki nomor registrasi 97005, sementara yang mengalami kecelakaan di Gunung Salak punya nomor 97004. Sampai sekarang, alasan pergantian pesa­w­at ini masih misteri.

“Kenapa digantikan, saya tak bisa mengatakan. Tapi, jika tak diizinkan melanjutkan demo ter­bang, maka seharusnya ada penye­babnya,” ujar seorang sumber seperti dikutip Moskovskiy Komsomolets.
Sebelumnya muncul asumsi bahwa Superjet yang mengalami kecelakaan di Gunung Salak adalah pesawat yang sama seperti yang terbang di Kazakhstan dan Pa­kistan dalam bagian pertama tur promosinya. Kecelakaan itu me­newaskan sedikitnya 45 orang, termasuk delapan warga Rusia.
Juru bicara Sukhoi Civil Aircraft, Olga Kayukova, mengakui hal tersebut. Menurutnya, Sukhoi Superjet 100 itu bukanlah pesawat yang sama seperti yang menjalani tur promo pertama di Kazakhstan dan Pakistan.
Kayukova menyatakan pesawat model pertama sudah kembali ke Moskow setelah menjalani demo terbang di Kazakhstan.
“Untuk menjalani tes,” katanya tanpa memberikan penjelasan lebih panjang soal penyebabnya, Senin (14/5) di Jakarta.
Tapi, dia menambahkan bahwa pesawat kedua itu berada dalam kondisi teknik yang sempurna sebelum terbang.
Boleh Manuver
Sementara itu, Sukhoi Superjet 100 yang menabrak tebing di Gunung Salak mengantongi izin demo flight di Indonesia. Dengan izin itu, pilot pesawat boleh mela­kukan manuver-manuver dalam penerbangan tersebut. Demikian diungkapkan oleh Sunaryo dari PT Trimarga sebagai agen Sukhoi di Indonesia, Senin di Jakarta.
“Di dalam surat perizinan dari pihak Rusia mengatakan adanya starting demo dan flight demo,” ujar Sunaryo di Lanud Halim Per­danakusuma, Jakarta.
Karena izin yang dikantongi itu flight demo, Sukhoi meminta PT Tri­mar­ga mengundang pihak avia­tion di Indonesia untuk turut dalam pe­nerbangan itu. Setiap penumpang pun diasuransikan sebesar US$50 ribu.
“Pengertian dari pihak Rusia dan kita, flight demo bukan seperti yang kita ketahui bersama, sekadar terbang. Kalau flight demo kita berikan momen-momen dan manu­ver-manuver. Sehingga mereka mengundang pihak aviation meng­gunakan SSJ 100,” jelasnya.
Namun, Sunaryo mengaku tak tahu apakah pilot Aleksander Yablontsev melakukan manuver sebelum pesawat buatan Rusia itu menabrak tebing. Soal itu, kata dia, hanya pilot dan menara kontrol penerbangan bandara yang tahu.
“Pihak pilot dengan ATC mesti ada kontaknya, itu KNKT yang bisa buka semuanya,” ujar dia.
Yang disesalkan Sunaryo adalah mengapa manifes penumpang Su­khoi naas itu terbawa rekannya yang ikut terbang dalam joy flight kedua tersebut.
“Karena seharusnya manifes itu orang ground yang bawa. Itu yang saya ketahui,” tutur dia.
PT Trimarga Rekatama sendiri enggan berspekulasi mengenai dugaan pilot pesawat Sukhoi Superjet 100, Alexander Yablontsev, melakukan manuver sebelum akhir­n­ya menabrak tebing Gunung Salak.
Sunaryo menjelaskan, ko­muni­kasi antara pemandu lalu lintas udara atau Air Traffic Control (ATC) dengan pilot Alexander Yablontsev sudah berjalan. Karena izin yang disampaikan ke Kemen­terian perhubungan dalam level area yang telah diketahui dalam flight plan kepada ATC.
Sudah Diperiksa
Sebanyak 22 kantong jenazah korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, yang dibawa tim evakuasi sudah dipe­riksa di Rumah Sakit Polri Said Sukanto Kramat Jati, Jakarta.
“Sampai dengan tadi malam tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri telah melakukan peme­riksaan terhadap 22 kantong jena­zah. Ternyata dari 22 kantong tersebut berisi 18 berisi body parts dan empat properti,” kata Kepala Rumah Sakit Polri Said Sukanto, Brigjen Pol Agus Prayitno di Jakar­ta, Senin.
Pada Senin kemarin ada tiga kantong jenazah kembali tiba di Rumah Sakit Polri yang dievakuasi dari Gunung Salak dan tiba di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 08.05 WIB.
“Kemudian tadi pagi (Senin kemarin) datang lagi tiga kantong jenazah yang saat ini sedang dilakukan pemeriksaan post mor­tem,” kata Agus.
Agus menambahkan bahwa sejak semalam tim DVI telah melakukan evaluasi dan pengolahan data yang telah dilakukan dari pemeriksaan post mortem untuk hari pertama dan hari kedua.
“Data-data dari pemeriksaan post mortem inilah yang akan direkonsiliasi dari data antemortem untuk menentukan identifikasi dari pada korban tersebut,” katanya.
Pusat Kedokteran dan Kese­hatan (Pusdokes) Polri telah mulai bekerja sejak pengambilan sampel DNA terhadap keluarga korban. Saat ini laboratorium DNA sudah mulai mencocokan dengan potongan jasad korban yang diperoleh.
“Kita berharap semua ini tidak berlangsung lama kita akan berkerja secara maksimal, yang jelas, setiap kali ada kantong jenazah datang langsung dikerjakan,” kata Agus.
Kritik Tayangan Televisi
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat banyak menerima keluhan dari masyarakat terkait tayangan televisi tentang penayangan evakuasi korban kecelakaan Pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak.
“Kami banyak menerima as­pirasi dari masyarakat melalui Facebook, SMS dan email yang mengeluhkan tayangan evakuasi korban pesawat Sukhoi,” kata Komisioner KPID Jawa Barat Bidang Isi Siaran Nursyawal, di Kota Bandung, Senin.
Nursyawal menuturkan, dalam keluhan yang masuk ke KPID Jabar masyarakat menilai tayangan tentang evakuasi korban tersebut di televisi tidak etis.
“Seperti tayangan yang mengam­bilkan gambar jenazah korban. Masyarakat menilai itu tidak perlu diperlihatkan,” kata dia.
Pihaknya mengatakan, tayangan seperti itu dinilai akan makin membuat pihak keluarga korban akan semakin sedih.
Frekuensi Lama
Sementara itu, pakar tele­matika Roy Suryo mengatakan sistem komunikasi yang digunakan pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di kawasan Gunung Salak Kabupaten Bogor menggunakan frekuensi lama.
Pasalnya, di dunia penerbangan sistem komunikasi sudah meng­gunakan peralatan yang memiliki frekuensi 406. Sedangkan alat komunikasi yang ditemukan berfre­kuensi 105.
Kotak komunikasi ini ditemukan tim Basarnas yang berada di titik bangkai pesawat. Semula kotak ini disebut-sebut sebagai kotak hitam.
“Sistem komunikasi dengan frekuensi 105 saat ini hanya digunakan oleh peralatan sekolah penerbangan. Aneh juga kalau pesawat secanggih sukhoi menggu­nakan sistem komunikasi ini,” jelas Roy Suryo.
Roy juga mengatakan ke­mung­kinan karena menggunakan fre­kuensi 105 inilah, pesawat tidak terdeteksi oleh satelit di Singapura. “Jadi sangat mungkin pesawat kehilangan kontak. Indonesia ini sudah menggunakan frekuensi 406, jadi sekalipun di pegunungan tetap bisa terpantau,” ujar Roy. (h/naz/berbagai sumber)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar