Featured Video

Jumat, 08 Juni 2012

Rusia Menyerang, Ceko Siapkan Kejutan


DANIEL MIHAILESCU / AFPKiper Republik Ceko Petr Cech melayani pertanyaan para jurnalis seusai sesi latihan di Wroclaw, Polandia, Selasa (5/6/2012).
Sejarah masa lalu antara Rusia dan Ceko mungkin sementara dilupakan saat Rusia dan Ceko bertemu di Stadion Municipal Wraclaw, Jumat (8/6/2012), dalam pertandingan pertama Grup A Piala Eropa 2012. Namun, pertarungan kedua tim akan tetap panas. Rusia sudah mengancam dengan permainan menyerang, sementara Ceko menyiapkan kejutan.

Ceko memang mengusung ambisi besar melawan Rusia. Tetapi, bukan untuk membalas sakit hati akibat tentara-tentara Rusia (saat itu masih Uni Soviet) menduduki negaranya 44 tahun silam.

Ambisi Ceko kali ini adalah untuk merusak prediksi banyak pihak yang lebih menjagokan Rusia di penyisihan Grup A Piala Eropa 2012. "Rusia disebut favorit di grup ini. Tetapi, semua tim berpikir memiliki kesempatan yang sama untuk lolos ke perempat final. Laga terpenting kami adalah saat melawan Rusia," tegas kiper Ceko, Petr Cech.
Pelatih Ceko, Michal Bilek, mengakui Rusia tim yang bagus. Dia memberi catatan khusus kepada Andrey Arshavin, Aleksandr Kerzhakov, dan Roman Shirokov. Menurutnya, ketiga pemain ini akan menjadi roh permainan Rusia yang harus dimatikan.
"Saya tak berbicara berapa umur mereka, tapi bagaimana kualitas mereka. Tapi, kami siap meladeni dan mengejutkan lawan. Grup kami cukup seimbang. Saya tak merasa tim kami terlemah di grup ini. Kami akan menunjukkan ambisi kami untuk lolos ke babak berikutnya. Jika lolos, maka itu akan menjadi sukses buat kami," kata Bilek.
Namun, keinginan Ceko untuk menaklukkan "Beruang Merah" dihadapkan pada masalah di lini depan. Ceko masih menunggu kesembuhan striker andalan Milan Baros. Jika Baros main, para pemain lain dipastikan akan lebih percaya diri. Jika tidak, Bilek punya cadangan yang cukup bisa diandalkan pada diri Tomas Pekhart.

"Dia (Baros) belum berlatih. Tetapi, jika dia main dan mencetak gol, itu akan sangat bagus," sambung kiper Ceko, Petr Cech.

Kubu Rusia tahu betul menjadi unggulan tidak berpengaruh apa pun selama turnamen digelar. "Tentu saja, semua pertandingan sangat penting. Tergantung kepada kami menjalaninya. Saat memulainya, maka kami juga harus mengakhirinya," jelas gelandang Rusia, Igor Semshov.
Yang pasti, Rusia akan tetap menerapkan permainan menyerang. Pelatih Dick Advocaat menandaskan, bermain menyerang sudah menjadi caranya.
"Jika mau jujur, hasil memang penting. Tapi, kami tak bisa mengubah cara bermain. Itu sudah menjadi cara bermain kami, yakni lebih menyerang," tegasnya.
Rusia memang tampil memuaskan dengan gaya permainan menyerangnya. Terakhir, mereka melibas Italia 3-0 dalam partai uji coba. Akankah Rusia juga bisa melibas Ceko, atau mereka yang akan dikejutkan lawan?

Lima Pertemuan Terakhir Kedua Tim:
1. Juni 1996, Rusia 3-3 Ceko (Piala Eropa 1996)*
Ket (*): Kedua tim baru bertemu sekali di ajang resmi.

Lima Laga Terakhir Rusia:
1. 1 Juni 2012, vs Italia: 3-0
2. 29 Mei 2012, vs Lituania: 0-0
3. 25 Mei 2012, vs Uruguay: 1-1
4. 29 Februari 2012, vs Denmark: 2-0
5. 11 November 2011, vs Yunani: 1-1

Lima Laga Terakhir Ceko:
1. 1 Juni 2012, vs Hongaria: 1-2
2. 26 Mei 2012, vs Israel: 2-1
3. 29 Februari 2012, vs Irlandia: 1-1
4. 15 November 2011, vs Montenegro: 1-0
5. 11 November 2011, vs Montenegro: 2-0

Prediksi Susunan Pemain:
Rusia (4-3-2-1): Akinfeev; Anyukov, Berezutski, Ignashevich, Zhirkov; Zyryanov, Denisov, Shirokov; Dzagoev, Arshavin; Kerzhakov
Ceko (4-2-3-1): Cech; Selassie, Hubnik, Sivok, Kadlec; Plasil, Petrzela, Hubschman, Rezek, Rosicky; Baros/Pekhart

Prediksi Pertandingan:
Rusia: 35 persen
Imbang: 33 persen
Ceko: 32 persen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar