Featured Video

Jumat, 08 Juni 2012

Pengamanan Tour De Singkarak Libatkan Penjinak Bom

Pengamanan Tour De Singkarak Libatkan Penjinak Bom


 Kepolisian Daerah Sumatra Barat menurunkan tim "jibom" (penjinak bom) guna mengantisipasi ancaman teror bom selama berlangsungnya lomba balap sepeda internasional Tour de Singakarak (TdS) 2012 yang akan berlangsung 4-10 Juni 2012. 


"Tim jibom yang berasal dari Gegana Brimobda Sumbar akan ditempatkan di titik-titik penyelenggaraan, penginapan peserta, serta jalur yang dilalui pembalap," kata Kepala Biro Operasi Polda Sumatra Barat Kombespol Suwardi seusai rapat koordinasi pengamanan TdS 2012 bersama Kapolres/Kapolresta se-Sumatra Barat di Gedung Rangkayo Basa Padang, Kamis (10/5). 

Menurut dia, tim ini diturunkan guna mewaspadai ancaman gangguan keamanan apalagi ajang itu melibatkan peserta asing. "Jangan sampai mereka merasa tidak nyaman," katanya manambahkan. 

Selain itu, pengamanan TdS 2012 juga akan melibatkan 4.000 personel kepolisian dari jajaran Polres, Polresta, serta Polsek se-Sumatra Barat. Aparat TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, serta Dinas Perhubungan turut serta mangamankan event tahunan tersebut. 

Hingga kini sudah tercatat 17 tim mancanegara dan lima tim nasional yang akan berpartisipasi dalam lomba balap sepeda tersebut. Diperkirakan jumlah tim masih akan terus bertambah menjelang waktu pelaksanaan. 

Tim asing yang telah menyatakan kesiapannya adalah Aisan Racing Team Jepang, Azad University Cross Team Iran, OCBC Singapore Continental Cycling Team Singapura, Genesys Wealth Advisers Pro Cycling Team Australia, dan Suren Team Uzbekistan. 

Selanjutnya Eddy Hollands Bicycle Services Australia, Tabriz Petrochemical Team Iran, Action Cycling Team Taiwan, Plan B Racing Team Australia, CCN Cycling Team Brunei Darussalam, Australian National Team, Colossi Miche Team dan Trengganu Pro-Asia Cycling Team, Malaysia. 

Saat ini panitia juga masih menunggu konfirmasi dari dua tim asal Prancis. 

Ajang TdS 2012 akan menempuh delapan etape dengan total jarak 800 kilometer. TdS 2012 akan melewati 14 daerah di Sumatra Barat yang meliputi Kota Padang, Sawahlunto, Padangpanjang, Pariaman, Bukittinggi, Solok, Kabupaten Solok, Sijunjung, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Tanah Datar, Agam, Padang Pariaman, dan Pesisir Selatan. 

Para pembalap memulai perlombaan dari Kota Sawahlunto dan akan berakhir di Kota Padang. (Ant/OL-2) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar