Featured Video

Selasa, 20 November 2012

Jokowi Soal Peremajaan Bus: Mau Diremajakan Kok Menolak


Jakarta - Sopir angkutan kota menolak rencana Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) yang akan meremajakan 1.000 bus tua Kopaja dan Metromini. Jokowi pun gusar.

"Kita ingin meremajakan, memperbaiki. Mau diremajakan kok menolak. Kita mau ganti 1.000 Kopaja/Metromini," ujar Jokowi di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/11/2012).

Jokowi berharap, peremajaan Kopaja/Metro Mini sudah dilakukan dalam 3 tahun. "Kalau kita maunya mempercepat, maksimal 3 tahun sudah tertangani," kata sarjana Kehutanan UGM ini.

Organda DKI keberatan karena Pemprov hanya meremajakan 1.000 unit bus. Tak seimbang dengan anggota Organda yang beberapa kali lipatnya.

"Bukan tidak setuju 1.000 unit, bukan tidak setuju. Anggota kami 5 ribu unit, itu yang menimbulkan rasa tidak adil. Kita setuju, sangat bagus Gubernur DKI seperti itu, cuma mekanismenya yang bijaksanalah," kata Ketua Organda DKI Sudirman ketika dikonfirmasi apakah betul Organda DKI menolak rencana peremajaan bus hibah Pemprov DKI.

Hal itu disampaikan dia saat dihubungi detikcom, Selasa (20/11/2012).

"Anggota kami 5 ribu yang diremajakan 1.000 unit," imbuh Sudirman menegaskan jumlah yang tak proporsional itu.

Sebelumnya hari ini, banyak angkot mogok karena menolak angkot kecil diganti bus sedang dan besar. Pun peremajaan bus-bus tua. Berikut angkutan yang mogok hari ini:

- Kopaja 616 jurusan Cempedak-Blok M
- Kopaja 20 jurusan Lebak Bulus-Senen
- Kopaja 502 jurusan Kampung Melayu-Tanah Abang
- Kopaja 95 jurusan Rawabokor-Taman Anggrek
- Kopaja 93 jurusan Kalideres-Tanah Abang
- Kopaja 87 jurusan Kalideres-Muara Angke
- Mikrolet 17 jurusan Grogol-Kebayoran
- KWK 05 jurusan Pasar Minggu-Rawajati
- KWK 14 Grogol-Rawa Buaya
- KWK 03 Grogol-Meruya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar