Featured Video

Selasa, 11 Desember 2012

dr Inda Mutiara, Dokter Teladan Cantik Sahabat Kupu-kupu Malam


Jakarta - Sebagai tenaga medis penyakit menular seperti HIV/AIDS, dr Inda Mutiara punya tanggung jawab besar menangani pasien dari kalangan kupu-kupu malam. Namun mereka tak hanya dianggap pasien, tapi juga sahabat. 

dr Inda Mutiara (43) sudah 9 tahun bekerja di Klinik Jelia, Mangga Besar, Jakarta Barat. Setiap hari, dia menangani puluhan pasien umum dan pekerja seks -- yang disebutnya dengan istilah 'wanita pekerja susila tidak langsung' (WPSTL) -- yang mempunyai risiko penyakit menular.

Meski begitu, wanita kelahiran 17 April 1969 ini tak pernah mengeluhkan pekerjaannya. Dia menikmati setiap pertemuan dengan para pasien, dari kalangan mana pun.

"Pasien-pasien kita ini kadang saya jadikan sahabat," ujar Inda saat ditemui detikcom di kantornya, Senin (10/12/2012).

Lulusan Fakultas Kedokteran Trisakti tahun 86 ini menyabet gelar dokter teladan se-Jakarta Barat tahun 2012 atas kepeduliannya di dunia kesehatan. Tak hanya melakukan pengobatan, Inda juga kerap mendengar keluh kesah para pasien. Sebagian dari mereka juga kadang bercerita soal pekerjaannya.

"Pekerjaan mereka sendiri kan sensitif yaitu pekerjaan berisiko dan bisa menambah wawasan kita bagaimana menghadapi pasien-pasien seperti itu," terangnya.

Kini, ibu dua anak tersebut punya harapan tersendiri soal pencegahan HIV/AIDS di Jakarta. "Kalau sosialisai pemahaman ini sudah merata saya rasa tidak ada lagi penularan seksual ini. Soalnya, kalau penyakit seksual rendah saya rasa nggak ada penyakit HIV. Karena itu pintu masuknya," imbuh dokter yang sangat suka jalan-jalan ini.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar